Akses Jalan Nasional Mamasa-Mamuju Putus akibat Tertimbun Tanah Longsor, Menurut BNPB

Sejumlah rumah warga dan akses jalan terdampak tanah longsor di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Selasa, 21 Mei 2024.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan akses jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Mamasa-Mamuju, Sulawesi Barat masih terputus karena tanah longsor.

Warga Pulau Bembe Akhirnya Bisa Pakai Listrik Bersih dari PLTS Tanamalala

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam laporan diterima di Jakarta, Jumat, 24 Mei 2024, mengatakan dampak kerusakan pada akses jalan tersebut terjadi sejak daerah setempat dilanda tanah longsor pada pukul 15.30 Wita, Selasa, 21 Mei.

Tim Pusdalops BNPB juga menginformasikan bahwa saat ini jalan dari Kecamatan Bambang ke Mambi juga terputus total sehingga tidak dapat dilalui kendaraan, baik roda dua maupun empat.

Jamaah An-Nadzir Gowa salat Idul Adha

Ilustrasi titik rawan longsor.

Photo :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan

"Data yang terhimpun sementara ini ada sebanyak 1.270 jiwa warga masih mengungsi akibat tanah longsor di Kabupaten Mamasa ini," kata dia.

Sedang Membuat Teh di Sawah, Pria Tewas Tertimbun Longsor

Dia menjelaskan ribuan korban tanah longsor tersebut merupakan penduduk yang tersebar di 27 desa di Kecamatan Bambang, Tarim, Mambi, dan Aralle.

​​​​​Mereka mengungsi ke rumah kerabat atau keluarga masing-masing di sekitar lokasi kejadian yang lebih aman.

BNPB memastikan saat ini sejumlah alat berat telah dikerahkan untuk menangani material longsor yang menutupi badan jalan, termasuk yang menutupi kawasan pemukiman,  agar bisa kembali difungsikan oleh masyarakat.

Ilustrasi pekerja dalam penanganan longsor..

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Tim petugas gabungan yang antara lain terdiri atas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI/Polri, dan Basarnas tetap memprioritaskan penyaluran bantuan logistik, berupa barang kebutuhan pokok dan perlengkapan bagi para korban selama proses normalisasi pascabencana.

Pihaknya optimistis upaya penanganan dampak bencana bisa berlangsung dengan cepat setelah Bupati Mamasa menetapkan Status Tanggap Darurat Tanah Longsor dengan surat No. 360/KPTS-111/V/2024 yang berlaku selama 14 hari mendatang. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya