Dimutasi, Hakim Gayus Tak Tahu Alasannya

Gayus Tambunan menjalani sidang Pledoi
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Hakim yang mengadili Cirus Sinaga dan Gayus Tambunan, Albertina HO, rencananya akan dipindahkan ke Pengadilan Negeri Sungai Liat, Bangka Belitung. Albertina akan menjadi hakim di sana paling lambat sebulan setelah SK mutasi diterima.

Namun, Albertina tidak mengetahui pertimbangan Mahkamah Agung memindahkan dia. "Di dalam SK (Surat Keputusan) tidak disebutkan alasan mutasi apa. Kalau ditanya soal mutasi, secara periodik itu adalah hal yang biasa. Banyak yang tanya kenapa saya dimutasi ke sana? Saya juga tidak bisa menjawab kenapa dimutasi ke sana," kata dia di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Rabu 21 September 2011.

Dia mengatakan, alasan mutasi justru diketahuinya dari media massa. "Hari ini saya melihat di koranĀ  ada beberapa alasan yang disampaikan oleh pimpinan MA. Bisa dilihat di situ. Saya tidak punya kewenangan untuk menjawab soal itu," kata dia.

Remaja di Mamuju Tikam Temannya 28 Kali hingga Tewas karena Kesal Sering Dibully

Dia memiliki waktu tenggang sebulan dari tempat tugasnya saat ini. Lalu bagaimana dengan kasus yang sedang dia tangani seperti Anand Krisna dan Cirus Sinaga?

"Untuk perkara saya yang masih berjalan, setelah saya menerima SK, saya baru bisa menentukan sikap. Perkara yang bisa saya selesaikan akan saya selesaikan dalam waktu sebulan setelah menerima SK. Untuk perkara yang tidak bisa saya selesaikan sesuai dengan aturan yang ada akan saya kembalikan ke ketua pengadilan untuk ditunjuk majelis hakim yang baru," kata dia.

Albertina adalah hakim yang menjatuhkan vonis 7 tahun penjara untuk Gayus Tambunan dalam perkara pajak PT SAT senilai Rp 570 juta. Kasus ini juga menyeret Cirus Sinaga, jaksa yang memalsukan pasal penggelapan dalam kasus PT SAT di pengadilan Tangerang.

Selain itu, Albertina juga tengah mengadili kasus pelecehan seksual dengan terdakwa Anand Khrisna. Dalam kasus ini, Albertina menjadi hakim yang menggantikan hakim Hari Sasangka karena terlibat pertemuan dengan pihak yang sedang diperkarakan.

Diler Piaggio Motoplex 4 Brand Sidoarjo

Piaggio Indonesia Buka Diler Vespa dan Moge di Sidoarjo

Diler Motoplex 4 Brand Sidoarjo menawarkan produk dan layanan lengkap dari empat merek Piaggio Group: Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024