Bom Solo

Bekas Operasi Hernia Jadi Petunjuk Polri

Hayat, buron bom Cirebon, diduga pelaku bom Solo
Sumber :
  • VIVAnews/Reza Putra

VIVAnews -- Dua hari pasca bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh Kepunton, Solo, Minggu 25 September 2011, polisi akhirnya mengungkap siapa pelakunya. Bahwa benar pelakunya adalah Ahmad Yosepa, yang masuk daftar pencarian orang (DPO) kasus bom Mapolresta Cirebon.

"Bahwa tidak terbantahkan jenazah pelaku di gereja GBIS Kepunton, Solo, Jateng adalah Vino Damayanto, alias Ahmad Urip -- karena dia sakit-sakitan jadi dibuat Urip, alias Ahmad Yosefa alias Hayat," kata Kepala Pusat Kedokteran Kesehatan Polri Brigjen Musadeq Ishak, Selasa 27 Septemebr 2011.

Hayat, tambah dia, dilahirkan di Losari, Cirebon pada 18 Oktober 1980. 

Musadeq menjelaskan, identitas Hayat terungkap dari proses identifikasi jenazah."Kami temukan seorang laki-laki, berumur 25-35 tahun, berkulit sawo matang. Kemudian kita cari data-data fisik medis sesuai data yang dikumpulkan penyidik, ada bekas operasi hernia, ada penebalan, penebalan kulit di pergelangan kaki bagian luar," kata dia.

Selain itu, juga dilakukan pencocokan foto, saat pelaku masih hidup dan setelah meninggal dunia. "Kecocokan signifikan, kami nyatakan match atau cocok," kata dia.

Musadeq menambahkan, identifikasi juga diperkuat data primer berupa sidik jari yang cocok dengan data sidik jari Ahmad Yosepa yang tersimpan di Kepolisian. "Saat yang bersangkutan membuat SIM pada tahun 2005," kata dia.

Yang terakhir, untuk lebih meyakinkan, polisi melakukan pemeriksaan DNA. "Dengan DNA pembanding dari keluarga yang bersangkutan. Ibu dan seorang anaknya yang berusia 4 tahun," tambah dia.

Ahmad Yosefa menjadi korban tunggal dalam insiden bom bunuh diri Minggu lalu. Ia tewas dengan kondisi mengenaskan, dengan bagian perut hancur.

Sementara, akibat perbuatannya, 24 jemaat gereja luka-luka. Beberapa bahkan cidera parah: pecahan bom masuk ke otak, rongga perut menembus kandung kemih. Mur juga nembus bagian tubuh korban.

Remaja di Mamuju Tikam Temannya 28 Kali hingga Tewas karena Kesal Sering Dibully
Diler Piaggio Motoplex 4 Brand Sidoarjo

Piaggio Indonesia Buka Diler Vespa dan Moge di Sidoarjo

Diler Motoplex 4 Brand Sidoarjo menawarkan produk dan layanan lengkap dari empat merek Piaggio Group: Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024