Penipuan Bermodus Beasiswa Marak di UGM

Kampus Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.
Sumber :
  • www.ugm.ac.id

VIVAnews - Ini peringatan buat para mahasiswa: kawanan penipu sudah merambah kampus. Modusnya, mereka mengatasnamakan pimpinan universitas atau bank untuk menawarkan beasiswa melalui pesan singkat (SMS) atau telepon. Mereka diminta untuk menyetorkan sejumlah uang untuk mendapatkan beasiswa itu.

Tak kurang, tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta termakan tipu muslihat ini. Mereka kehilangan uang hingga puluhan juta rupiah.

“Kami telah mendapat laporan ada tiga mahasiswa yang telah menjadi korban dari modus penipuan melalui SMS maupun telepon ini. Masing-masing  korban telah mentransfer uangnya ke nomor rekening yang diminta, ada yang Rp2 juta, Rp7 juta, bahkan Rp40 juta,” kata Direktur Kemahasiswaan UGM, Haryanto di Yogyakarta, Kamis 10 November 2011.

Tak hanya bermodus penawaran beasiswa, para penipu juga menggunakan cara mengundang para mahasiswa ke acara seminar. Mereka bahkan sempat mencoba memperdaya salah satu dosen UGM, Arie Sudjito, yang juga dikenal sebagai pengamat sosial yang cukup ternama di Yogyakarta. “Pak Arie mengaku juga mendapatkan SMS penipuan dengan modus undangan seminar,” ujar Haryanto.

Para penipu juga bergentayangan di dunia maya. Mereka mencari korban melalui e-mail. “Pihak yang melakukan penipuan ini memang sangat piawai karena mengatasnamakan menteri, dirjen, rektor maupun Direktur Kemahasiswaan," kata dia.

"SMS yang dikirimkan pun sesuai identitas lengkap mahasiswa. Cara ini memang cukup meyakinkan ditambah lagi dengan pemilihan kata yang sopan dan tertata.”

Pada kasus ini, lanjut Haryanto, mahasiswa atau dosen yang menanggapi tawaran tersebut biasanya dipandu untuk mengirimkan atau mentransfer uang ke rekening pelaku.

“Para korban menuruti apa yang diperintahkan pelaku. Mereka baru sadar tertipu setelah mentransfer uang ke bank. Sepertinya ada unsur hipnotis dalam tindakan ini,” paparnya. (Laporan: Juna Sanbawa, Yogyakarta | kd)

Waspada, Masyarakat Jangan Tertipu Ditawarkan Berangkat Haji Gunakan Visa Non Haji
Gunung Ibu Erupsi Kembali, Semburan Abu Membubung Tinggi 4.000 Meter!

Gunung Ibu Erupsi Kembali, Semburan Abu Tebal Membubung Tinggi 4.000 Meter

Gunung Ibu Erupsi Kembali, Semburan Abu Membubung Tinggi 4.000 Meter!

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024