Air Zamzam dan Pasar Gelapnya

Mengambil air zamzam di Mekkah
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVA.co.id - Bagi umat Islam, air zamzam diyakini sebagai air yang paling suci dibandingkan jenis air lainnya di dunia. Sebab, air tersebut mempunyai kaitan dengan perjuangan Siti Hajar bersama anaknya, saat ditinggal oleh Nabi Ibrahim di daerah tandus dan gersang di Mekkah.

Pengakuan Pembuat Air Zamzam Palsu, Gunakan Air Sumur

Diceritakan, pada saat itu Ibrahim harus meninggalkan istri dan anaknya yang bernama Ismail untuk menjalankan perintah Allah. Ketika itu, dengan cuaca yang begitu panas, Hajar harus memberikan air minum kepada Ismail yang waktu itu masih bayi.

Hajar pun harus mengitari daerah antara Bukit Safa dan Bukit Marwah untuk mencari sumber air. Pada akhirnya, keajaiban datang menghampiri, tatkala muncul sumber air yang mengalir deras keluar dari celah-celah batu granit. Kini, sumber air tersebut telah dijadikan sumur dan tak jauh dengan bangunan Ka'bah sekitar 50 meter jaraknya, Mekkah, Arab Saudi.

Waspada, Air Zamzam Palsu Beredar di Jabodetabek

Meski sudah muncul berabad-abad yang lalu, namun sumber air tersebut tak kunjung surut hingga sekarang. Maka dari itu, umat Islam menamainya dengan Air Zamzam, yang artinya banyak atau melimpah ruah.

"Pentingnya air zamzam merupakan pesan yang tertulis dalam Al-Qur'an, bahwa dari segala kesulitan itu ada kemudahan. Ini adalah mukjizat dari Allah yang datang menghampiri Siti Hajar yang pada saat itu tidak ada seorang pun yang dapat membantunya, namun Dia (Allah) bisa," ujar Bilal Philips, pendiri Islamic Online University, dilansir dari Al Arabiya, Jumat, 3 April 2015.

Kasus Air Zamzam, Penjual di Tanah Abang Nyaris Bangkrut

Ketika musim haji tiba, jemaah yang sedang menunaikan ibadah haji ke Mekkah, dianjurkan untuk meminum air zamzam. Namun, tak sedikit yang salah memahami dalam mengartikan keberadaan air zamzam ini.

Beberapa orang menganganggap air suci tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit, sehingga mendorong berkembangnya pasar gelap dalam distribusi air zamzam ini. Apalagi, jemaah yang pulang dari ibadah haji hanya dibatasi membawa 10 liter. Sulitnya distribusi, bahkan banyak orang yang memalsukan air zamzam.

"Orang-orang banyak yang masih salah dalam menafsirkan hadits nabi mengenai air zamzam. Ada mempercayai dengan meminum air zamzam, maka dapat menyembuhkan dari segala penyakit. Faktanya air itu sendiri tidak dapat menyembuhkannya. Jika terdapat masalah, maka dengan meminta kepada Tuhan untuk menyembuhkannya," jelas Philips.

Diketahui, hampir rata-rata ada sekitar dua juta orang akan menyemut di Kota Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Dalam agama Islam, ibadah haji merupakan bentuk melaksanakan Rukun Islam kelima, khususnya bagi yang memiliki kemampuan dalam fisik dan materi untuk menunaikan.

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya