Video Conference Mary Jane Batal Digelar Esok

Mary Jane Fiesta Veloso, saat mengikuti pagelaran busana Hari Kartini.
Sumber :
  • Ochi April

VIVA.co.id - Kejaksaan Agung memastikan rencana video conference untuk menghadirkan kesaksian Mary Jane di persidangan Filipina tidak akan dilakukan pada Jumat, 8 Mei esok. Kejaksaan Agung akan menjadwalkan ulang video conference tersebut.

“Saya dapat memastikan bahwa rencana video conference permintaan keterangan itu tidak akan dilakukan besok, tidak sesuai jadwal dan akan ditunda sampai semua surat secara resmi kita terima,” ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Tony Spontana saat ditemui di Gedung Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanudin, Jakarta Selatan, Kamis 7 Mei 2015.

Menurut Tony, surat resmi dari Pemerintah Filipina diperlukan sebagai dasar penyelenggaraan video conference. Selain itu, dalam surat resmi itu juga akan diatur terkait siapa saja yang dapat hadir dalam video conference, termasuk mengatur bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antara Mary Jane dengan otoritas Filipina.

Mengingat status Mary Jane adalah terpidana mati yang sedang menunggu waktu eksekusi, maka Tony menyatakan, persidangan nantinya tertutup untuk umum.

“Namun nanti Kejaksaan Tinggi atau Puspenkum akan memberikan konferensi pers mengenai hasil dari video conference yang dilakukan Mary Jane,” ujar Tony.

Mary Jane Fiesta Veloso adalah terpidana mati kasus narkotika yang masuk dalam daftar eksekusi mati tahap dua. Mary berhasil lolos dari detik-detik eksekusi setelah Presiden Jokowi mempertimbangkan untuk memberi kesempatan kepada otoritas Filipina mengungkap sindikat perdagangan manusia.

Jaksa Agung Bantah Eksekusi Mati Ditunda karena Tiada Dana

Kesaksian Mary diperlukan sebagai bahan preeliminary investigation yang akan dilakukan Filipina untuk mengungkap kasus kejahatan human trafficking tersebut. Sebagai korban, Mary jane akan memberikan kesaksiannya melalui video conference yang seluruh persiapan teknis dari penyelenggaraannya akan dibiayai Pemerintah Filipina.

Mary Jane Terpidana Mati Dapat Kado Ulang Tahun dari Anaknya

Terpidana Mati Mary Jane Dapat Kado Ulang Tahun dari Anaknya

Dia dikado kaus, sandal, kartu tahun baru dan ulang tahun.

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2016