Keluarga Siyono Tolak Uang, Polri: Kenapa Tak Dari Awal?

Kepala Polda Sulawesi Selatan, Inspektur Jenderal Polisi Anton Charliyan.
Sumber :
  • Viva/Danar Dono

VIVA.co.id – Penolakan keluarga terduga teroris atas pemberian uang oleh kepolisian masih menjadi polemik. Kepolisian bahkan menyesalkan pengembalian itu justru dilakukan tidak dari awal.

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Sumut

Bahkan, Polri curiga penolakan itu justru terjadi ketika ada sekelompok orang yang membela muncul. "Kalau ditolak (uang dua gepok) kok enggak dari awal? Sekarang dikembalikan. Eh pas ada golongan tertentu pro teroris dikembalikan," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi Anton Charliyan, di Jakarta, Selasa 5 April 2016.

Menurut Anton, pemberian uang itu tak lebih sebagai bentuk kemanusiaan dan belasungkawa dari polisi atas tewasnya ketika dicokok tim

Tak Jelas Rimbanya, Sahabat Desak Jokowi Bebaskan Munarman

"Yang meninggal dunia kami berikan santunan sekalipun itu teroris, walau meninggal dalam baku tembak kami berikan (uang santunan) juga," katanya.

, merupakan terduga teroris yang tewas usai dijemput paksa oleh tim Densus 88 Antiteror. Kepolisian menyebut, tewas karena melawan petugas saat diamankan.

Densus 88 Geledah Rumah di Bantul, Sita Rompi hingga HT Jadul

pun dimakamkan tanpa proses autopsi sebelumnya oleh kepolisian. Ketidakjelasan kematian tersebut mendapat simpati dari pengurus Pusat Muhammadiyah.

Lewat izin keluarga, PP Muhammadiyah akhirnya melakukan autopsi terhadap jenazah . Sejauh ini hasil autopsi belum bisa diumumkan karena baru dilakukan Minggu 3 April 2016.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya