Rangkaian Acara Jokowi di Jerman

Presiden Joko Widodo disambut Dubes RI untuk Jerman, Fauzi Bowo, saat tiba di Berlin pada Minggu malam 17 April 2016.
Sumber :
  • Biro Pers Istana

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo pekan ini melakukan kunjungan kenegaraan ke Benua Eropa. Rangkaian kunjungan ini diawali Presiden di Jerman.

Jokowi Diarak Mobil Hias di Palembang

Anggota Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana, dalam siaran persnya menjelaskan, Presiden hadir ke Jerman atas undangan Kanselir Jerman, Angela Merkel pada KTT G20 di Antalya, Turki tahun lalu.

Memulai kunjungan kerja di Berlin, Jerman, Senin, 18 April 2016 waktu setempat, Presiden dijadwalkan menjalani tujuh agenda.

Jokowi ke Jepang, Bahas Proyek Kereta Jakarta-Surabaya

Mulai pagi hari, Presiden akan melakukan beberapa pertemuan dengan sejumlah chief executive officer (CEO) perusahaan terkemuka Jerman. Pertemuan berlangsung di Hotel Adlon Kempinski, Berlin. Di tempat ini, Presiden Jokowi juga akan memberikan pidato kunci pada Forum Bisnis Indonesia-Jerman.

Siang harinya, Presiden akan menuju Kantor Presiden Republik Federal Jerman untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Jerman Joachim Gauck. Lalu, dilanjutkan dengan kunjungan ke Pusat Pelatihan Pendidikan Vokasi Profesional di Siemenstad.

Presiden Tekankan 3 Poin Penting Hubungan RI-Rusia

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengatakan, Indonesia ingin membangun kerja sama di bidang pendidikan vokasional atau kejuruan dengan Jerman.

"Karena, vokasi adalah pendidikan yang memang saat ini sangat diperlukan untuk menjawab kebutuhan pasar saat ini. Di dalam kompetisi ASEAN Economic Community, maka keahlian, kualifikasi kita di bidang-bidang pekerjaan tertentu itu memang harus terus ditingkatkan," ujar Retno.

Setelah itu, Presiden Jokowi akan menuju Kantor Kanselir Jerman di Bundeskanzleramt, untuk bertemu Kanselir Republik Federal Jerman, Angela Merkel.

Acara ini dilanjutkan jamuan santap siang oleh Kanselir sebagai penghormatan terhadap Presiden Republik Indonesia. Setelah pertemuan, Jokowi dan Angela Merkel dijadwalkan akan memberikan keterangan pers bersama.

Sore harinya, Presiden Jokowi direncanakan mendatangi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Berlin, untuk menemui masyarakat Indonesia di Jerman.

Acara ini, juga mengakhiri lawatan Presiden Jokowi di Jerman. Selanjutnya, Presiden akan bertolak menuju London, Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya