Menlu: Pemuda Indonesia di Eropa Antusias Bertemu Presiden

Konferensi pers Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, menggambarkan antusiasme diaspora Indonesia saat bertemu Presiden Joko Widodo pada kunjungan kerja ke empat negara Eropa selama lima hari.

Jokowi Diarak Mobil Hias di Palembang

"Saya kira di semua tempat antusias warga negara Indonesia ketemu Presiden, termasuk diaspora di tiga negara, Jerman, Inggris dan Belanda, sangat tinggi sekali," katanya saat kembali pulang ke Indonesia bersama Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu, 23 April 2016.

Bahkan, tak hanya warga negara Indonesia, warga Belanda yang senang dengan budaya Indonesia pun turut ingin bertemu orang nomor satu di Indonesia itu.

Ini 'Oleh-oleh' Presiden Jokowi dari Eropa

"Anak-anak muda Belanda juga membuat suatu organisasi untuk membangun jembatan agar bisa semakin dekat dengan anak-anak muda Indonesia," ungkap Retno.

Sebelumnya diberitakan, . Terdapat dua hasil kunjungan dan empat fokus kerja sama yang saat ini dibangun Indonesia dengan empat negara tersebut.

Di Belanda, Jokowi Temui 35 CEO

"Dengan Jerman fokus pelatihan dan pendidikan vokasi, national school dan national training. Dengan Inggris kerja sama satu saja yaitu bidang kreatif ekonomi dan kreatif industri yang akan ditindaklanjuti oleh Badan Ekonomi Kreatif," kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, 23 April 2016.

Jokowi juga menyampaikan kebanggaannya ketika sejumlah desainer Indonesia bisa memamerkan karya mereka di ritel toko fesyen ternama di Kota London. 

"Dengan Belgia dan juga Uni Eropa, kecepatan kita dalam menyelesaikan scooping paper sangat dihargai dan tinggal dilanjutkan negosiasinya. Dengan Belanda kita hanya konsentrasi satu hal berkaitan dengan maritim dan pengelolaan air," ujarnya menambahkan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya