Badrodin: Tito Karnavian Tak Mau Dicalonkan Jadi Kapolri

Komisaris Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Komjen Polisi Tito Karnavian menurut Kapolri Badrodin Haiti tidak mau dicalonkan menjadi kapolri. Hal tersebut yang menyebabkan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri tidak memasukkan namanya menjadi salah satu calon yang diajukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

Tito Karnavian Minta Anak Buah Lapor Harta ke KPK

"Memang waktu itu kan kami masih mendengar masing-masing. Ada beberapa hal yang harus didiskusikan di dalam internal Polri karena waktu itu Pak Tito sendiri kalau bisa jangan (dicalonkan), (Tito) mengatakan seperti itu," kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Istana Negara, Jakarta, Rabu 15 Juni 2016.

Alasannya, Tito mengatakan ingin fokus dalam tugasnya sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Badrodin Akui Polri Tak Solid saat Awal Kepemimpinannya

"Dia sendiri sedang berkonsentrasi untuk menangani masalah terorisme ini. Itu kan ancaman ke depan juga cukup serius sehingga harus dilakukan pembenahan-pembenahan dan dilakukan strategi dalam kebijakan penanggulangan terorisme itu," katanya.

Atas pertimbangan itu, maka rapat Wanjakti tidak mengusulkan nama Komjen Tito. Namun Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menurut Badrodin memang memasukkan nama Tito dalam calon yang diusulkan.  

Tito: Proses Politik Selesai, Selanjutnya Terserah Presiden

"Oleh karena itu di dalam Wanjakti juga (Tito) tidak kami masukkan," katanya soal daftar calon dari internal Kepolisian tersebut.

Presiden Joko Widodo telah mengajukan nama calon kapolri ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Calon yang diusulkan secara tunggal ternyata Tito Karnavian yang juga mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Komjen Tito Karnavian dan Jenderal Badrodin Haiti.

Tito Karnavian Dilantik Jadi Kapolri Tanggal 12 Juli

Tito merupakan calon Kapolri tunggal yang sudah disahkan oleh DPR.

img_title
VIVA.co.id
6 Juli 2016