Mahasiswa Tuntut KPK Usut Kasus Kebakaran Hutan di Riau

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman (kelima dari kiri), bersama penerima Anugerah LHKPN dan Pelaporan Gratifikasi Terbaik di Pekanbaru pada Jumat, 9 Desember 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ali Azumar

VIVA.co.id - Peringatan Hari Antikorupsi Internasional (HAKI) 9 Desember kali ini digelar di Pekanbaru, Riau. Peringatan itu diwarnai aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa pada Jumat, 9 Desember 2016. Mereka sempat menduduki Bundaran Zapin di Jalan Sudirman. 

KPK Gelar Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2023 Pekan Depan, Presiden Jokowi Bakal Hadir

Setelah itu mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi tersebut melanjutkan aksi di depan gerbang kantor Gubernur Riau. Mereka berorasi sekaligus menyampaikan aspirasi tentang Peringatan HAKI yang secara nasional digelar di Pekanbaru.

Sedikitnya lima tuntutan yang mereka sampaikan, di antaranya, meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkantor di Riau. Soalnya banyak kasus korupsi di Bumi Lancang Kuning itu. 

Nawawi Pomolango Tanya Jajaran: Emang Masih Ada Orang yang Mau Datang ke Acara KPK?

Dengan berkantor di Riau, KPK bisa lebih maksimal melakukan penanganan kasus korupsi dan pencegahan agar tidak terjadi kasus serupa.

Pada kesempatan itu para demonstran juga meminta klarifikasi Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, tentang dugaan kasus korupsi minyak dan gas.

KPK Tangkap 115 Koruptor Sepanjang 2022, Aset Recovery Capai Rp 494 Miliar

Mahasiswa juga menyuarakan agar izin perusahaan yang membuka lahan di wilayah Riau dicabut. KPK diminta turun tangan melakukan penyidikan terhadap aparatur negara yang diduga terkait tindak pidana korupsi, terutama soal perusahaan pembakar lahan.

(mus)

Ketua KPK Nawawi Pomolango di peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia 2023

KPK Soroti Fenomena Pejabat Flexing di 2023 Berujung Pengungkapan Korupsi, Terheboh Rafael Alun!

Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango turut membeberkan terkait dengan adanya pejabat negara yang kerap pamer harta atau flexing di sosial media

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2023