Tips Haji

Benda Kecil tapi Banyak Manfaat di Tanah Suci

Suasana di Masjidil Haram, Mekah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arinto

VIVA.co.id – Jelang berangkat haji ke Tanah Suci, kita kadang disibukkan untuk menyiapkan barang-barang kebutuhan yang harus dibawa. Dari sekian banyak barang bawaan, ada barang-barang kecil yang sebenarnya memiliki banyak manfaat dan dapat membatu kegiatan ibadah jemaah.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Berikut barang-barang kecil yang juga penting untuk dibawa:


1. Steker (colokan listrik)

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Pastikan Anda juga membawa steker kaki tiga dan letter T. Karena, stop kontak di Arab Saudi berbentuk kaki tiga dan jumlahnya sangat terbatas. Pastikan charge barang elektronik di pemondokan.

2. Kartu Memori

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

Bagi Anda yang senang berfoto atau mendokumentasikan kegiatan apalagi setelah puncak haji selesai, baiknya membawa kartu memori kamera cadangan. Baterai kamera cadangan juga disarankan bila ada. Membawa lebih memudahkan ketimbang harus beli di Arab Saudi.

3. Karet Gelang

Benda kecil ini sangat banyak kegunaannya. Ada jemaah haji yang kerap menggunakan karet untuk menghitung jumlah saat tawaf dan sa'i di Masjidil Haram.

4. Peniti

Jemaah wanita khususnya, lebih banyak membutuhkan benda ini untuk berbagai kebutuhan. Karena itu, siapkan yang cukup untuk dibawa.

5. Kacamata Hitam

Suhu di Arab Saudi mendekati musim puncak haji kerap sangat panas. Bahkan mencapai 50 derajat celsius. Guna melindungi mata dari terik Matahari, kacamata hitam tentu menjadi pilihan yang berguna.

6. Power Bank

Ibadah yang cukup padat dan terbatasnya stop kontak akan membuat baterai barang elektronik Anda seperti HP dan kamera lupa untuk diisi ulang. Membawa power bank akan memudahkan Anda tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga.

7. Masker

Benda ini sangat berguna untuk melindungi hidung dan mulut dari debu yang menerpa wajah. Tapi jangan lupa, ganti masker Anda setiap 6 jam. Jika suhu sangat panas, Anda bisa membasahi masker.

8. Pelembap

Benda ini berguna untuk mengatasi kulit kering karena cuaca panas yang ekstrem di Tanah Suci. Pelembap juga penting digunakan untuk kaki agar tidak pecah-pecah.

9. Waterspray

Sangat berguna untuk menyegarkan wajah jika merasa kepanasan saat beraktivitas di Arab Saudi. Spray juga bisa untuk membasahi masker.

Siapkan segala kebutuhan Anda agar ibadah makin bermakna. Guna menunjang berlangsungnya ibadah dengan sempurna, menjaga kesehatan sejak di Tanah Air menjadi sangat penting. Biasakan berolahraga, atau minimal berjalan kaki setiap hari 30 menit.

Selama berada di Tanah Suci, pastikan Anda banyak minum air mineral. Disarankan minum air putih saat bangun tidur, sebelum dan sesudah makan, serta saat beraktivitas.

Lokasi ibadah lempar jumrah di Mina, Mekah, menjadi titik paling padat di puncak perayaan Idul Adha. Tapi, lokasi tersebut kosong melompong sebelum kedatangan 2 juta jamaah haji. Lihat kondisinya di laporan khusus VIVA.co.id dari Tanah Suci di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya