Sudirman Said Klaim Didukung 3 Partai di Pilkada Jateng

Ferry Juliantono (kiri) dan Abdul Wahid, masing-masing petinggi Partai Gerindra; dan Sudirman Said, eks Menteri ESDM, di Semarang, Jawa Tengah, pada Senin malam, 27 November 2017.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, mengklaim tiga partai politik berada dalam ‘genggamannya’ untuk maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah. 

Heru Budi Ungguli Ridwan Kamil dan Gibran jika Diusung Jadi Cagub DKI, Menurut Survei NSN

Tiga partai itu ialah, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, dan Partai Keadilan Sejahtera. 

"Jadi Insya Allah dalam waktu dekat akan ada pengumuman dari partai," kata Sudirman di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu 9 Desember 2017.

Dijagokan Golkar Solo Jadi Cagub Jateng, Begini Respons Gibran

Sudirman mengatakan, kepastian dukungan dari tiga partai koalisi itu setelah dirinya menjalin komunikasi sejak lama dengan pengurus wilayah atau pun petinggi partai di tingkat pimpinan pusat. 

Selain itu, dia diberi ruang untuk menyosialiasikan diri ke masyarakat Jawa Tengah. Itu sudah dilakukannya beberapa bulan lalu. 

Usung Gibran di Pilkada Jateng 2024, Golkar Solo: Kemampuan Beliau Luar Biasa

Meski belum mau menyebut siapa pendampingnya menjadi calon wakil gubernur, ia ingin terlebih dahulu memastikan rekomendasi dari tiga partai saat resmi dideklarasikan.

"Saya terus diberi ruang oleh pimpinan partai untuk sosialisasi ke daerah, dan saya mendapat kabar dari para pengurus di tingkat pusat bahwa tiga partai sedang memfinalkan rekomendasi," kata dia. 

Sebelumnya Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Abdul Wahid, menyampaikan keinginan partainya berhadapan dengan PDI Perjuangan dalam Pilgub Jawa Tengah. 

Selain Jawa Tengah merupakan basis suara PDI Perjuangan. Hal lain yang menjadi pertimbangan ialah partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut, merupakan satu-satunya partai yang bisa mengusung calon gubernur. 

"Jadi memang ada arah ke sana (head to head dengan PDI P). Tinggal tunggu saja. Dan kalau saya lebih nyaman ke sana," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya