Malam Tahun Baru, Kawasan Puncak Diberlakukan Car Free Night

Antrean kendaraan di simpang Gadok, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/9/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Menjelang libur tahun baru, kepolisian terus melakukan pengamanan dan pengaturan di sejumlah tempat wisata untuk tetap menjaga ketertiban. Salah satu tujuan wisata berlibur yang mendapat perhatian khusus adalah kawasan wisata Puncak, Jawa Barat.

Jakarnaval, Parade Kreatif yang Memukau di Perayaan Malam Muda Mudi Jakarta

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memerintahkan jajarannya untuk menaruh perhatian khusus di kawasan Puncak, Jawa Barat. Tito mengatakan, di kawasan Puncak akan ditutup dan diberlakukan car free night.

Car free night ini akan mulai diberlakukan pada Minggu malam 31 Desember 2017. "Saya minta pengamanan khusus di Puncak. Jadi itu nanti akan ditata semacam car free night, jadi tak ada kendaraan di kawasan Puncak pada malam tahun baru," kata Tito di RS Polri Jakarta Timur, Kamis 28 Desember 2017.

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Tito menjelaskan, penutupan jalan dimulai pada pukul 18.00 WIB dan baru akan dibuka keesokan harinya yakni pada Senin 1 Januari 2018 pada pukul 06.00 WIB. Penutupan jalan dilakukan mulai dari Gadog sampai dengan Cipanas.

"Jam enam sore sampai jam enam pagi itu akan ditutup di Puncak. Jadi teman-teman yang mau naik ke puncak ataupun turun, (memakai kendaraan bermotor) ke puncak pada jam tersebut tidak bisa," ujarnya.

Nyanyi Lagu Rhoma Irama, Pesona Ariel NOAH Gegerkan Pantai Carnaval Ancol

Tito mengimbau bagi masyarakat yang ingin berlibur ke Puncak agar berangkat lebih awal. Apabila memang tidak bisa berangkat lebih awal, maka disarankan untuk mencari destinasi wisata lain.

"Saya imbau kepada masyarakat supaya sebelum jam enam sore, kalau mau ke Puncak. Kalau sudah lebih dari jam enam sore mau ke Puncak, atau di atas jam dua belas sudah tak usah naik ke atas," ujarnya

Penutupan ini akan dilakukan pada kedua arah. Baik dari Ciawi menuju Cianjur, dan juga dari Cianjur menuju ke Ciawi. "Jadi di jalur ini akan berlaku car free night pertama kali. Di situ nanti hanya ada kendaraan shuttle saja yang sudah disiapkan. Yang lain jalan kaki," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya