SBY Ingin Pemimpin Baru, PDIP: Jokowi Dilantik Lagi

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana di Papua.
Sumber :
  • Biro Pers Istana

VIVA – Elite PDI Perjuangan merespons pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono terkait pemimpin baru dalam Pemilu 2019 mendatang.

Pidato Wajah dan Fisik di Gelora Bung Karno

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto  Kristiyanto menanggapi pernyataan SBY justru sinyal Jokowi akan dilantik lagi sebagai presiden. "Ya pemimpin baru, maksudnya kan presiden dilantik lagi. Semangatnya baru. Kan setiap lima tahun kita kan memang selalu ada Pemilu," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa 24 April 2018.

Hasto menekankan, secara konstitusi, seorang presiden bisa menjabat dua periode. Hal ini mengacu dari dua periode yang dialami SBY sebagai presiden. "Dan dari pengalaman Pak Presiden SBY sendiri, tentu saja beliau juga memahami, kalau pemerintahan dijalankan berkesinambungan, konsistensi itu kan bagus," ujarnya menambahkan.

Andri Arief Kritisi Luhut soal Pendukung Demokrat Minta Pemilu Ditunda

Terkait pernyataan SBY dinilai sebagai manuver untuk Pemilu 2019, Hasto enggan berspekulasi. "Proses dialog kan menjadi semangat dari PDI Perjuangan. Ruang dialog itu terus menerus kita buka. Setajam apa pun perbedaan politik dialog itu sangat penting," tuturnya.

Sebelumnya, SBY menyampaikan syarat Capres pilihannya untuk Pemilu 2019. Ia menyebut akan ada pemimpin baru, saat pertemuan dengan alim ulama di Cilegon, Banten, Minggu malam, 24 April 2018.

Survei PSI: Elektabilitas Golkar Tertinggi, Ungguli PDIP

Presiden RI keenam ini memberikan sinyal soal pemimpin Indonesia berikutnya. Menurut SBY, capres pilihan Partai Demokrat adalah yang bisa merangkul semua lapisan masyarakat, tanpa terkotak-kotak oleh apa pun. Dalam pernyataannya, SBY menyebut akan ada pemimpin baru.

"Saya akan pasangkan nanti capres cawapres yang mengerti keinginan rakyat. Insya Allah, nanti ada pemimpin baru yang amanah, cerdas, dan memikirkan nasib rakyat banyak," kata SBY di hadapan ratusan ulama, santri, dan masyarakat Kota Cilegon. (mus)

Kelompok tari yang membawakan tarian untuk mendukung PDIP (13/6). Sumber : Hendra Simbolon

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Wacana Pertemuan antar Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri akan segera dilaksanakan.

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2023