Paripurna DPR Sepi, Bamsoet: Kalau Ada yang Disalahkan, Saya Salah

Seorang anggota DPR menghadiri Rapat Paripurna DPR di antara bangku yang tak terisi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Jelang Pemilu 2019 yang makin dekat, banyak anggota DPR yang absen dalam tugasnya di parlemen, termasuk saat sidang paripurna. Ketua DPR, Bambang Soesatyo pun memberikan pembelaan terhadap banyak koleganya yang sibuk di daerah pemilihan atau dapil.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Bamsoet mengatakan, bahkan siap disalahkan jika sidang paripurna minim kehadiran anggota DPR. Sebab, para anggota DPR yang absen sudah meminta izin padanya.

"Kalau ada yang ingin disalahkan, saya yang salah. Karena, sebagian besar mereka sudah izin pada saya, karena saya sudah beri izin," kata Bamsoet di gedung DPR, Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.

Ketua MPR: Putusan MK Menjadi Akhir dari Berbagai Upaya Hukum Konstitusional

Ia menjelaskan, alasan para anggota DPR tak berkantor, karena di daerah melaksanakan tugas negara. Lalu, mereka ingin menyosialisasikan dan mempersiapkan Pileg.

"Tak ada alasan bagi saya melarang mereka, meninggalkan daerahnya untuk kembali ke Jakarta. Dan, saya izinkan mereka terus bekerja untuk kepentingan negara," kata Bamsoet.

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

Menurutnya, kerja anggota DPR merupakan kerja politik. Ia menilai, justru seharusnya masyarakat marah bila anggota DPR malas ke daerah dan hanya merasakan suasana dingin serta makanan enak.

"Mereka di daerah berpanas-panasan, dengan keluarganya masih dikritik juga ya. Saya enggak ngerti. Hampir 200 yang mengirimkan surat ke saya dan saya izinkan. Jadi, kalau ada yang ingin dipersalahkan saya yang salah," jelas Bamsoet.

Ia memastikan, para anggotanya tetap produktif bekerja. Terkait paripurna Selasa kemarin, 19 Maret 2019, yang banyak anggota dewan absen, ia berdalih itu dilaksanakan dengan di luar jadwal.

"Sama seperti kalian, kalian melaksanakan tugas kantor dan negara, karena untuk kepentingan publik. Jabatan kami anggota DPR, kerja kami adalah kerja politik kalau di kantor justru harus kalian kritik kecuali staf," kata Bamsoet. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya