Politisi Demokrat: Presiden 3 Periode Ulang Sejarah Kelam Orde Baru

Anggota Fraksi Demokrat Kota Tangerang, Gunawan Dewantoro, (belakang kanan).
Sumber :
  • Dok. Partai Demokrat.

VIVA - Anggota Fraksi Partai Demokrat Kota Tangerang, Gunawan Dewantoro, memastikan seluruh insan, kader dan simpatisan Demokrat bersama rakyat diseluruh Indonesia, akan berjuang bersama AHY untuk menegakkan konstitusi negara dengan menolak 3 periodisasi Jokowi.

Gerindra dan Demokrat Siap Berkoalisi di Pilgub Jawa Tengah

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus.

Sangat Berbahaya

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

“Pertama, kami kader Demokrat seluruh Indonesia teguh sami'na wa atho'na dengan mas AHY. Kedua, perpanjangan masa jabatan presiden menjadi 3 periode jelas sangat berbahaya karena dapat mengulang kembali sejarah kelam masa orde baru,” kata Gunawan Dewantoro kepada wartawan, Senin, 4 April 2022.

Selain bertentangan dengan konstitusi, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Tangerang ini memandang perpanjangan masa jabatan presiden juga tidak sesuai dengan semangat dan ruh reformasi, yang digelorakan mahasiswa bersama rakyat Indonesia 23 tahun lalu.

Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

“Kalau kepala desa ingin jabat 3 periode, tidak apa-apa karena ada rules-nya. Kalau presiden ya cukup 2 periode saja. Bukannya Pak Jokowi sedari awal tegas katakan tidak mau 3 periode,” kata Gunawan.

Baca juga: Keputusan AHY Tunjuk Emil Jadi Ketua Demokrat Jatim Disoal Kader

Jangan Lupakan Jasa Rakyat dan Mahasiswa

Gunawan yang juga aktivis reformasi 98 meminta elit-elit politik untuk tidak melupakan seluruh jasa pengorbanan rakyat Indonesia khususnya mahasiswa, yang rela terluka parah hingga meregang nyawa demi reformasi dan tegaknya demokrasi di Indonesia.

“Saya menyaksikan langsung sahabat-sahabat saya tumbang terluka hingga meregang nyawa memperjuangkan reformasi. Saat itu (di Gedung DPR RI) saya terluka setelah “dipopor” oknum aparat. Satu tujuan, kita rela mati demi reformasi,” kata Gunawan.

Loyalis AHY ini memastikan dia bersama segenap aktivis 98 seluruh Indonesia akan menggunakan cara-cara konstitusi hingga turun kembali ke jalan untuk menggagalkan upaya siapapun yang ingin melanggengkan kekuasaan di Republik ini.

“Ingat, hampir seperempat abad kita telah mempertahankan cita-cita suci reformasi. Tak terhitung derasnya darah dan air mata saat memperjuangan reformasi. Jangan khianati reformasi,” kata Gunawan.

“Jika tidak ingin demokrasi di negeri ini mati, cukup satu kata, satu tujuan, satu cita-cita, tegakkan nilai-nilai reformasi,” katanya.

Apdesi Suarakan Jokowi 3 Periode

Sebelumnya, Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) kubu Surya Wijaya mewacanakan agar Presiden Jokowi dapat menjabat selama tiga periode.

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Apdesi versi Surya Wijaya bahkan akan menggelar rapat koordinasi dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) se-Indonesia, untuk memantapkan rencana deklarasi dukungan Presiden Joko Widodo 3 periode.

AHY Menolak

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, menolak wacana masa jabatan presiden 3 periode yang belum lama ini dicetuskan oleh Apdesi. Penolakan ini menjadi penegasan Sulung Presiden RI ke-6 ini, mengingat sebelumnya AHY pernah menyatakan  menolak tegas wacana penundaan Pemilu 2024, sebelum Apdesi melontarkan wacana Jokowi 3 periode.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya