Ditanya soal Anies Nyapres, Zulkifli Hasan Respons Begini

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) sempat terdiam beberapa detik usai ditanya wartawan mengenai seberapa besar peluang Anies Baswedan di Pilpres 2024. Zulhas sempat berfikir akan menjawab sesuatu selama 6 detik kemudian beralih membahas Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

"Iya itu....," ujar Zulhas saat ditemui awak media acara peresmian DPP PAN yang baru di Jakarta Selatan, Selasa 4 Oktober 2022.

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Zulhas kemudian membahas mengenai KIB, yang hingga kini belum ada kesepakatan antara tiga partai tersebut akan mengusung siapa yang menjadi Calon Presiden di Pilpres 2024.

"KIB ya, kita enggak bahas itu hari-hari ini. Tapi jauh hari sudah disampaikan, KIB itu, Pak Airlangga ketua umum partai pemenang nomor dua. (Jadi) Capres? Layak, pemenang partai nomor dua kok. PAN ketua umumnya? Layak," ujarnya.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

Zulhas mengatakan jika suatu partai nanti menang, banyak ketua ketua daerah suatu partai yang akan menjadi kepala daerah.

"Partai politik katanya, pasti Ketua Umum ingin jadi capres. Semua begitu, yang pimpinan provinsi ingin jadi Gubernur kan begitu. Kader pasti inginnya begitu ya, tentu itu partai politik begitu," ujarnya.

KIB Akan Tentukan Capres di ‘Chapter’ Terakhir

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Golkar, PAN dan PPP

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Zulhas menyebut Koalisi nanti akan segera menentukan siapa yang akan menjadi Capres usungannya.

"Nanti kita lihat realitanya, oleh karena itu kalau di KIB soal pilpres itu chapternya nanti ,terakhir," ujarnya.

Zulhas bilang, tujuan KIB secara bersama adalah demi kemajuan Indonesia di masa depan, segala sesuatu harus dilakukan untuk mencapai kejayaan Indonesia di tahun 2045.

"Yang paling penting sekarang itu KIB ini sedang merumuskan gagasan. Teman-teman lain kita juga ke kampus-kampus, kita undang para pakar. Kita ini Indonesia mau jadi negara maju 2045 itu gimana sih? Yang mau kita kerjakan apa? Demokrasinya apa mau seperti ini aja? Terus global yang berubah cepat, kita mau ke mana? Mau apa? Kalau kita jadi negara maju, terus ekonominya seperti apa? Gitu ya," ujarnya.

Di dalam koalisi KIB, lanjut Zulhas, antara tiga partai saling tukar pikiran agar memilih calon presiden yang tepat.

"KIB tuh mengajak bertengkar, tengkar pikiran, tengkar gagasan untuk membawa Indonesia ini sebagaimana kita harapkan menjadi Indonesia yang maju 2045 itu. Kita baru di situ aja, chapter-nya. Capres nanti, terakhir," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya