Airlangga: KIB Bakal Perangi Politik Identitas di Pemliu 2024

Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB (Golkar-PAN-PPP) bakal memerangi politik eksklusif dan berbasis identitas. Untuk itu, jika partai-partai politik yang selaras dengan visi misi KIB dan ingin bergabung, maka koalisi sangat terbuka.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Begitu kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam sambutannya di acara pemapaparan visi misi KIB dalam rangkaian HUT ke-58 Partai Golkar, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis malam, 20 Oktober 2022.

“Jadi, KIB sejak awal sudah memerangi yang namanya eksklusivitas, kita perangi yang namanya politik identitas. Oleh karena itu, kita membangun inklusivitas, kalau semua mau ikut KIB, boleh,” kata Airlangga.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Koalisi Indonesia Bersatu KIB

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebab, kata Menko Perekomonian itu, kemenangan bagi KIB merupakan kemenangan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sehingga semua merasakan dampak positif dari pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

“Kami ingin leaving no one behind. Yang menang bukan KIB tapi yang menang masyarakat Indonesia,” ujarnya. 

Di sisi lain, Airlangga juga menyebut bahwa setiap kebijakan yang dikemukakan oleh KIB berdasarkan pada prinsip kolektif kolegial. Sehingga, tidak ada yang menjadi “bos” di antara ketiga partai di KIB.  

“Jadi, inilah yang akan kita perjuangkan ke depan,” ujar Airlangga.

Bendera partai-partai politik. (Ilustrasi)

Photo :
  • Antara/ Fanny Octavianus

Sebagaimana diketahui, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sepakat untuk membentuk koalisi yang diberi nama Indonesia Bersatu. ketiga partai politik (parpol) itu sepakat untuk mengakhiri politik identitas yang menimbulkan polarisasi di masyarakat seperti yang terjadi pada Pilpres 2014 dan 2019

Koalisi Indonesia Bersatu ingin kompetisi hanya terjadi dalam proses Pemilu 2024. Setelahnya, masing-masing tokoh yang berkompetisi pada pemilu bisa bersatu untuk membangun bangsa.

Koalisi ini terbentuk dalam pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di Rumah Heritage Jakarta, Kamis 12 Mei 2022

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya