Hasil Musra Jatim: Nama Ganjar Pranowo Teratas sebagai Capres, Moeldoko Cawapres

Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia, Andi Gani Nena Wea saat konferendi pers.
Sumber :
  • Musra Indonesia

VIVA Politik – Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo masih menjadi yang teratas sebagai calon presiden (capres) dalam hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia relawan Joko Widodo (Jokowi) XIII Jawa Timur.

Soal Urusan Ini Ganjar Pranowo Sejalan dengan Moeldoko

Sementara itu, banyak tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Jatim yang masuk dalam bursa capres maupun calon wakil presiden (cawapres). Di antaranya Mahfud MD, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar dan tokoh Jatim lainnya. 

Mahfud MD yang kini jadi pilihan relawan Jokowi di setiap gelaran Musra menjadi tokoh NU yang meraih suara paling tinggi sebagai cawapres.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

"Pak Mahfud MD dalam sekian Musra selalu di posisi atas pilihan rakyat dan relawan Jokowi sebagai cawapres. Di Jatim, kandangnya beliau dan nahdliyin, beliau di dua besar teratas," ujar Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia, Andi Gani Nena Wea dalam keterangan tertulis, Rabu, 18 Januari 2023.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Namun, untuk cawapres Musra Jatim, nama eks panglima TNI Moeldoko berada di posisi puncak dengan raihan 24,72 persen. Disusul posisi kedua Mahfud MD dengan 20,08 persen, Khofifah Indar Parawansa 14,51 persen, Arsjad Rasjid 6,92 persen. 

Kemudian Sandiaga Uno 5,67 persen, Erick Thohir 5,37 persen, Yenny Wahid 5,23 persen, Muhaimin Iskandar 5,05 persen, Tri Risma Harini 481 persen, Abdullah Azwar Anas 4,72 persen, dan lainnya 2,92 persen.

Andi Gani Nena Wea Beri Keterangan Pers Hasil Musra Relawan Jokowi

Photo :
  • VIVA/ Foe Peace Simbolon

"Menarik di Jatim ini, hampir semuanya yang masuk tokoh nasional yang mengakar dari daerah ini. Khususnya yang berlatar Nahdlatul Ulama. Ada Pak Mahfud, Bu Khofifah, Muhaimin, juga Mbak Yenny Wahid. Pak Moeldoko dan Mahfud juga jaraknya ketat," ujarnya.

Untuk capres Musra, dia melanjutkan, Ganjar Pranowo di posisi teratas dengan 24,91  persen peserta Musra. Disusul Prabowo Subianto 22,17 persen, Airlangga Hartarto 17,31 persen, Moeldoko 14,56 persen, Mahfud MD 8,34 persen, Khofifah Indar Parawansa 2,48 persen, Puan Maharani 2,26 persen, Anies Baswedan 1,94 persen, Tri Risma Harini 1,80 persen, Andika Perkasa 1,65 persen, dan lainnya 2,58 persen.

"Mas Ganjar, Prabowo, Airlangga menempati tiga besar Musra Jatim. Sangat ketat. Hanya terpaut sedikit," ujarnya.

Andi Gani menambahkan, seluruh hasil Musra, sejauh ini sudah disampaikan ke Jokowi. Nantinya, saat puncak Musra yang diperkirakan digelar Maret dan dihadiri Presiden Jokowi, tiga besar capres-cawapres bakal diumumkan.

"Capres-cawapres ini nantinya akan kami laporkan ke Presiden Jokowi. Sejauh ini sepanjang Musra 3 besar capres ada nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto. Sementara cawapres, Mahfud MD, Sandiaga Uno, dan Arsjad Rasjid juga Pak Moeldoko dan Pak Erick," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia Panel Barus menambahkan Musra yang sudah menapaki putaran ke-13 ini ingin menghadirkan demokrasi yang  berkualitas. Karena tak hanya tokoh, relawan juga membahas agenda penting bangsa, seperti pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan.

"Musra akan ditutup di Jakarta. Kita berharap Musra jadi bagian penting perjalanan demokrasi Indonesia. Musra forumnya akar rumput sehingga yang muncul juga suara rakyat," ujar Panel.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Musra di Jatim membahas banyak agenda harapan rakyat. Pertama, isu pemenuhan dan perlindungan dasar pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan paling mengemuka. Lalu isu kedua, persatuan nasional dan mencegah intoleransi. Sedangkan isu ketiga, terkait pemerintahan bersih dan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Agenda berikutnya, 22 Januari di Banjarmasin, Yogyakarta 29 Januari, Jateng 4 Februari, 11 Febuari Medan. Kemudian di Jakarta Maret pas penutupan," katanya. 

Sebelumnya diberitakan, Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea mengungkapkan, pada puncak Musyawarah Rakyat (Musra) ke-XIII yang akan berlangsung Maret 2023 ini akan diumumkan tiga nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang menduduki posisi tertinggi selama berlangsungnya acara. 

Pada Minggu, 15 Januari 2023 ini Musra ke-XIII Jawa Timur digelar di Grand City Surabaya. Musra sendiri merupakan ajang pencarian capres-cawapres yang dihadiri enam ribu lebih relawan dari berbagai daerah Jawa Timur ini berlangsung amat meriah. 

"Ada nama capres-cawapres ini nantinya akan kami laporkan ke Presiden Jokowi. Sejauh ini sepanjang Musra 3 besar capres ada nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto. Sementara cawapres, Mahfud MD, Sandiaga Uno, dan Arsjad Rasjid," kata Andi dalam keterangannya Minggu, 15 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya