Usai Diusung PDIP Jadi Capres, Ganjar Semobil dengan Jokowi Berangkat ke Solo

Presiden Jokowi bersama capres PDIP Ganjar Pranowo satu mobil
Sumber :
  • instagram @pramonoanungw

VIVA Politik – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri resmi menunjuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilu 2024.

PDIP Bentuk Tim Pemenangan Nasional Pilkada 2024, Tak Ada Nama Ganjar

Pengumuman tersebut diumumkan langsung oleh Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat pada Jumat 21 April 2023.

Usai pengumuman capres 2024, Ganjar dan Jokowi langsung bertolak ke Solo, Jawa Tengah. Ganjar dan Jokowi menaiki satu mobil yang sama yaitu mobil dinas Jokowi merek Mercy berpelat nomor B 1287 RFS.

Daftar Capres Iran Pengganti Ebrahim Raisi Diumumkan 11 Juni

Momen tersebut diunggah oleh Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung di akun instagram pribadinya @pramonoanungw.

Rakernas Berakhir, Megawati Bakal Umumkan Sikap Politik PDIP

Pulang kampung,” bunyi caption dalam akun instagram Pramono Anung dilihat Jumat, 21 April 2023.

Adapun mobil yang ditumpangi Ganjar dan Jokowi keluar gerbang Istana Batu Tulis, pada rombongan pertama. Terpantau Ganjar berganti baju dari yang memakai kemeja PDIP menjadi kemeja putih polos beserta peci hitam.

Ganjar dan Jokowi juga melambaikan tangan kepada warga dan awak media yang menunggu di depan gerbang Istana Batu Tulis. Kemudian langsung disambut teriakan nama Ganjar oleh warga.

Pengumuman Ganjar Pranowo Sebagai Capres PDIP

Photo :
  • Youtube

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) turut hadir dalam pengumuman Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. 

Presiden Jokowi juga mengatakan Ganjar Pranowo merupakan sosok yang selalu dekat dengan rakyat dan mau mendengarkan aspirasi masyarakat.

"Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat selalu turun ke bawah dan sangat ideologis, saya ingin menegaskan bahwa suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis adalah keharusan sesuai perintah UUD kita," kata Jokowi di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat 21 April 2023.

"Tetapi pemimpin tidak boleh membelokkan keberlanjutan perjuangan bangsa Indonesia yang harus terus dilanjutkan dari waktu ke waktu," sambungnya.

Jokowi juga berharap Ganjar Pranowo dapat melanjutkan program-program unggulan yang sudah berjalan di eranya.

"Pemimpin yang baru harus terus melanjutkan visi bangsa dan program-program unggulan yang telah dicanangkan," ujarnya.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi

Photo :
  • Tangkapan layar

Tak hanya itu, Ganjar Pranowo diharapkan dapat menjaga ideologi Pancasila, persatuan, serta toleransi dan kebersamaan menjadi fondasi sosial bangsa Indonesia.

"Kesejahteraan rakyat yang adil dan merata, pembangunan Indonesia sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional, kemandirian nasional, berdikari, dan kepemimpinan Indonesia di masyarakat global harus tercermin dalam sikap pemimpin untuk memperjuangkan kepentingan nasional," jelasnya.

Jokowi pun menyebut semangat Pilpres 2024 adalah semangat kontestasi program. "Semangat kontestasi ide-ide besar untuk bangsa dan negara. Saya yakin rakyat Indonesia semakin dewasa dalam menentukan pilihannya," tambahnya.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dalam mengusung Ganjar Pranowo.

"Saya sangat menghargai keputusan Ibu Megawati Soekarno Putri ketum PDIP yang baru saja mengumumkan keputusannya bakal calon presiden yang diajukan oleh PDIP yaitu Bapak Ganjar Pranowo," tutur Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya