Mahfud MD Tak Mau Kepedean Jadi Bakal Cawapres, Trauma Dighosting?

Mahfud MD Hadiri RDP dengan Komisi III DPR Terkait Rp 349 Triliun.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku tidak ingin berandai-andai bakal dipinang sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Muncul Banyak Versi Formasi Kabinet Prabowo, Gerindra: Semua Itu Mungkin Aspirasi

Diketahui, nama Mahfud MD mencuat sebagai salah satu kandidat bakal cawapres potensial. Beberapa kandidat capres setidaknya menjajaki nama Mahfud MD sebagai bakal cawapresnya. Setelah Anies Baswedan, capres yang diusung Nasdem-PKS-Demokrat, teranyar adalah capres PDIP Ganjar Pranowo kabarnya melirik Mahfud MD sebagai cawapresnya.

Capres Gerindra, Prabowo Subianto juga sempat bersilaturahmi dengan bertandang ke rumah dinas Mahfud MD di Kuningan, Jakarta. kompleks Menteri Kuningan, Jakarta. Pertemuan Mahfud-Prabowo digelar secara tertutup, dikabarkan dalam rangka sedang mencari pasangan cawapres untuk mendampinginya.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Menurut Mahfud, nama-nama dalam bursa bakal cawapres yang telah bergulir di tengah masyarakat saat ini masih menjadi wewenang partai politik. Ia tak ingin terlalu percaya diri bakal dipinang sebagai cawapres.

"Itu kan permainan bolanya masih di partai politik lalu sekarang menjadi urusan masyarakat dan nanti ketemu di situ. Kita belum masuk ke arena itu," kata Mahfud di Grahadi Surabaya, Sabtu malam.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Jokowi perkenalkan Mahfud MD jadi Menko Polhukam

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Terkait pertemuannya dengan Prabowo di rumah dinasnya beberapa hari lalu, Mahfud berdalih pertemuan dengan Prabowo dalam rangka silaturahmi Lebaran. "Saya diundang ceramah ke rumahnya di Hambalang. Tidak ada lamaran menjadi cawapres," ujarnya.

Pada saat ini, mantan Ketua MK itu enggan menanggapi pertanyaan terkait dengan kesiapannya jika dilamar menjadi cawapres. "Saya tidak bilang siap atau tidak siap. Itu nanti atau belum waktunya. Nanti saya bicara kalau sudah konkret saja," ucapnya.

Sementara itu, Mahfud MD menegaskan bahwa dirinya masih fokus bekerja sebagai Menko Polhukam. Menurutnya, saat ini di bidang Polhukam, pemerintah sedang mengupayakan evakuasi seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di area konflik militer negara Sudan.

"Per hari ini sudah 1.100 WNI yang sudah dievakuasi dari Sudan. Ada beberapa WNI yang belum dievakuasi karena lokasinya jauh atau susah dijangkau," katanya.

Selain itu, Menko Polhukam Mahfud MD saat ini sedang merumuskan langkah-langkah strategis untuk memberantas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. "Nanti penanganan strategis terhadap KKB akan kami umumkan," ujarnya.

Mantan Ketua MK, Mahfud MD, tidak jadi dipilih menjadi cawapres Jokowi, Kamis, 9 Agustus 2018.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Eduward Ambarita.

Gagal Jadi Cawapres Jokowi

Publik tentu masih ingat dengan dinamika politik yang terjadi pada saat Pemilu Presiden 2019 silam. Dimana Mahfud MD nyaris menjadi calon wakil presiden (cawapres) Jokowi di Pilpres 2019, namun gagal di injury time.

Mahfud mengaku saat itu sudah dihubungi pihak Istana untuk mempersiapkan diri. Mahfud bahkan diminta menjahit baju untuk konvoi capres-cawapres ke KPU. Namun, pada detik-detik terakhir tiba-tiba berubah. Mahfud digantikan oleh Ma'ruf Amin. 

"Politik begitu bisa terjadi belokan tiba-tiba. Enggak apa-apa, itu biasa aja, selalu terjadi," kata Mahfud MD dikutip dalam program Aiman Kompas TV 

Baca juga: Cerita Romahurmuziy Momen 3 Ketum Parpol Tolak Mahfud Jadi Cawapres Jokowi

Berbeda dari Pilpres 2019 lalu, kali ini Mahfud tak mau terlalu terobsesi di Pilpres 2024. Ia bahkan mengaku siap jika di tahun 2024 dirinya pensiun dari panggung politik Tanah Air. 

"Karena begini, saya punya pengalaman ketika saya ingin menjadi sesuatu itu tidak jadi. Ketika sedang tidak ingin menjadi sesuatu jadi," ujar dia


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya