Kodam Cendrawasih: KKB Sering Menyebarkan Berbagai Narasi yang Berisikan Berita Bohong

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kol. Kav. Herman Taryaman.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik – Kepala Penerangan TNI Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman memastikan tidak adanya prajurit TNI yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Mugi, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Tidak benar ada prajurit yang disandera KKB di Mugi karena saat ini semua sudah dievakuasi ke Timika," kata Herman dihubungi dari Jayapura, Kamis, 4 Mei 2023.

Apa yang diungkapkan KKB di media sosial termasuk foto senjata api itu tidak benar, kata Herman. Amunisi dan sosok orang yang menjadi korban pembunuhan yang diklaim dari penyerangan kepada prajurit Satgas Yonif R 321/GT di Mugi-Mam Kabupaten Nduga tanggal 15 April lalu.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Pesawat Susi Air dibakar kelompok KKB, Polisi olah TKP

Photo :
  • ANTARA

"KKB sering menyampaikan dan menyebarkan berbagai narasi yang berisikan berita bohong atau hoaks," ujarnya.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

KKB, menurutnya, mengklaim jumlah prajurit dari Kopassus yang meninggal 16 orang, padahal dari data terungkap anggota yang meninggal tercatat lima orang dari Satgas Yonif R 321/DY.

Menyikapi kondisi tersebut, kata Herman, penegakan hukum yang dilakukan oleh tim gabungan TNI dan Polri terus dilakukan sehingga pemberitaan yang dilakukan KKB pimpinan Egianus Kogoya perlu dipertanggungjawabkan.

Sekolah yang dibakar KKB.

Photo :
  • VIVA/ Aman Hasibuan.

"Masyarakat diminta tidak langsung mempercayai berita-berita yang disampaikan KKB dan simpatisannya," kata Herman menegaskan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya