Lasarus PDIP Soroti Kasus Lift Maut Kualanamu yang Tewaskan Asiah: Ini Persoalan Serius

Tim Labfor Polda Sumut saat melakukan olah TKP di lift Bandara Kualanamu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ B.S. Putra (Medan)

VIVA Politik – Kasus meninggalnya Asiah Shinta Dewi Hasibuan yang jatuh dari lift Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara jadi perhatian DPR terutama Komisi V yang membidangi persoalan infrastruktur dan perhubungan.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menilai kasus tewasnya Asiah karena lift maut di Kualanamu merupakan persoalan serius yang harus dipertanggungjawabkan. Terlebih, Asiah baru ditemukan tiga hari setelah dilaporkan pihak keluarga korban terjebak di lift. 

Maka itu, dia meminta pihak kepolisian mengusut tuntas apakah ada tindakan kelalaian yang menyebabkan kehilangan nyawa seseorang. Lasarus juga mendorong Kemenhub bisa mengambil langkah tegas terhadap pihak operator Bandara Kualanamu

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

"Kami juga mendukung proses penyelidikan yang dilakukan kepolisian. Bahwa apakah ada kelalaian yang menyebabkan melayangnya nyawa seseorang. Ini persoalan serius yang harus dipertanggungjawabkan," kata Lasarus, dalam keterangannya, Kamis, 4 Mei 2023.

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus

Photo :
  • DPR RI
Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Pun, dia berharap agar insiden maut itu jadi pelajaran untuk semua bandara yang ada di Tanah Air. Ia bilang keamanan harus menjadi prioritas. 

"Keamanan adalah prioritas untuk menjamin kenyamanan dan kepercayaan publik. Jangan abai terhadap aspek keamanan karena ini menyangkut masalah keselamatan," tuturnya.

Dia menyampaikan agar jangan main-main dengan infrastruktur dan perawatan fasilitas di Bandara.

"Keamanan di lingkungan bandara mempertaruhkan nyawa ribuan manusia. Keamanan di lingkungan bandara menentukan kenyamanan dan kepercayaan publik," ujarnya.

Lasarus mengingatkan jika ditemukan sedikit saja kendala teknis menyangkut pelayanan bandara, maka harus secepat mungkin diatasi. Apalagi, kata dia, bandara internasional bukan hanya melayani penerbangan domestik saja, tapi juga penerbangan luar negeri. 

Dia menekankan agar jangan sampai ada kelalaian yang menyebabkan nama Indonesia jatuh di mata dunia. Lasarus pun meminta Kemenhub melakukan pengawasan ketat terhadap pihak operator bandara terkait keamanan seluruh fasilitas di bandara. 

Lasarus mengingatkan kembali pentingnya pihak pengelola bandara bisa meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan. Lalu, dia minta dilakukannya peningkatan pengawasan terhadap pelayanan bandara. 

“Bukan hanya di Bandara Kualanamu saja, tapi semua bandara yang ada di Indonesia. Kita tidak ingin kejadian serupa terulang kembali," ujarnya.

Dia juga merasa heran dengan pihak Bandara Kualanamu yang dikeluhkan keluarga Asiah tak memberi bantuan maksimal saat korban dilaporkan terjebak dalam lift.

“Dalam pelayanan jasa, sikap kooperatif harus dijunjung tinggi apalagi ini masalah keselamatan. Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai pengguna jasa layanan," kata politikus PDIP tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya