PSI Serap Aspirasi soal Calon Gubernur DKI Jakarta 2024 Lewat Rembuk Rakyat

Ilustrasi kader Partai Solidaritas indonesia (PSI)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA Politik - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta meluncurkan platform inovatif ‘Rembuk Rakyat Jakarta’ untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam menentukan calon Gubernur DKI pada Pilkada 2024 mendatang. Hal ini seperti yang dilakukan relawan Pro Jokowi (Projo) dalam memilih calon presiden 2024, yakni melalui musyawarah rakyat (musra).

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Ketua DPW PSI Jakarta, Elva Qolbina menjelaskan, masyarakat perannya sangat penting dalam menentukan arah politik di Jakarta. Makanya, kata dia, PSI semangat menghadirkan ‘Rembuk Rakyat Jakarta’ sebagai wujud nyata komitmen untuk mendorong partisipasi publik yang lebih besar.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat Jakarta untuk memiliki peran yang lebih signifikan dalam memilih calon gubernur yang akan memimpin kota ini,” kata Elva di Jakarta pada Rabu, 17 Mei 2023.

Golkar Tetap Optimis Meski Elektabilitas Ahmed Zaki Masih Rendah di Bursa Cagub DKI

Gedung Balai Kota DKI Jakarta

Photo :
  • VIVA/Syaefullah

Menurut dia, masyarakat dapat menjagokan salah satu dari bakal calon Gubernur DKI yang sudah dilakukan seleksi secara ketat oleh PSI, transparan dan objektivitas. Tentu, lanjut dia, PSI berkomitmen untuk menjaga integritas dan transparansi dalam menjalankan proses ini.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

“Kami telah menetapkan kriteria yang komprehensif untuk memastikan bahwa calon gubernur yang dipilih memiliki integritas, visi dan kompetensi yang kuat untuk memajukan Jakarta,” jelas dia.

Selain itu, kata Elva, PSI memastikan keberagaman dan keadilan dalam calon gubernur yang dipilih untuk memimpin Jakarta. Oleh karena itu, proses seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan latar belakang dan pengalaman yang beragam dari para calon. 

“Kami memastikan bahwa suara semua masyarakat Jakarta, tanpa memandang latar belakang mereka, didengar dan diwakili dengan baik. Kami memastikan aspirasi masyarakat Jakarta akan menjadi acuan utama bagi PSI, dalam menentukan dukungan terhadap salah satu calon gubernur,” ungkapnya.

Sekilas tentang Rembuk Rakyat Jakarta

Rembuk Rakyat Jakarta akan dibuka hingga tanggal 22 Juni. Masayarakat DKI Jakarta dapat mengakses dan memilih calon gubernur terbaik dengan mengakses link Bit.ly/rembukrakyatdki.

Adapun, Rembuk Rakyat Jakarta menghadirkan 9 kandidat terbaik seperti Grace Natalie (Ketua Dewan Pembina Partai PSI), Gibran Rakabuming (Wali Kota Solo), Heru Budi Hartono (Pj. Gubernur DKI Jakarta), Tri Rismaharini (Menteri Sosial).

Kemudian Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Bima Arya (Wali Kota Bogor), Dudung Abdurachman (Kepala Staf TNI Angkatan Darat), Ahmad Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), Muhammad Fadil Imran (Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya