50 Persen Pemilih Pemilu 2024 di Sumut Gen Z, Bali Juga Mendominasi

Rekapitulasi DPT Provinsi Sumut untuk Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/BS Putra

Medan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara mencatat dari 10.853.940 pemilih di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sekitar 50 persen pemilih di Sumut adalah generasi Z. Sehingga perlu dilakukan sosialisasi Pemilu 2024 melalui media sosial.

Sistem Politik Harus Dievaluasi karena Minimnya Caleg Muda Terpilih, Menurut Ketua MPR

Hal itu, disampaikan oleh Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin kepada wartawan, disela-sela Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT Tingkat Provinsi Sumut pada Pemilu 2024. Rapat pleno berlangsung di Hotel Santika, Kota Medan, Selasa 27 Juni 2023.

Herdensi mengungkapkan sosialisasi juga dilakukan media sosial. Baik, Instagram, Facebook, Twitter, YouTube dan lainnya. Karena, ia mengatakan sekitar 50 persen pemilih adalah kaum milenial atau generasi z.

Disebut Tak Lolos DPR, PPP Sayangkan MK Tak Pertimbangkan Alat Bukti

"Kita tahu jumlah pemilih paling banyak itu adalah generasi Z lebih dari 50 persen. Kami atas perintah KPU RI, juga melakukan kirab pemilu kemarin dari Langkat sampai ke Labuhan Batu mudah-mudahan ini sosialisasi yg bisa diterima," tutur Herdensi.

Termasuk dalam peningkatan pemilih pada Pemilu 2024, Herdensi mengungkapkan pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Termasuk, ia meminta bantuan jurnalis ikut serta terlibat dalam sosialisasi tersebut.

KPU Sebut Upaya PPP Masuk Parlemen Sudah Pupus

"Mohon bantuan oleh teman-teman wartawan, untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dan untuk mengetahui bahwa pemilu kita ini akan dilakukan 14 Februari 2023," ucap Herdensi.

Herdensi menjelaskan dari 10.853.940 pemilih tersebut, terdiri dari laki-laki 5.360.844 pemilih dan perempuan 5.493.096 pemilih. Selain itu, KPU Sumut juga menetapkan KPU Sumut juga menetapkan 45.875 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang tersebar di 33 Kabupaten/Kota, 455 Kecamatan dan 6.110 Desa/Kelurahan.

Herdensi mengungkapkan proses dilakukan KPU Sumut bersama KPU Kabupaten/Kota se-Sumut melalui proses panjang menuju DPT tersebut. Ia mengatakan pihaknya menerima Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

"Kemudian, disinkronisasi oleh KPU dan kita melakukan coklit (Pencopotan dan Penelitian) dan menyusun DPS (Daftar Pemilih Sementara)," jelas Herdensi.

Lanjut, Herdensi mengungkapkan dari DPS sekitar 11 juta pemilih. Dilakukan pencermatan ulang. Dengan itu, ditetapkan DPT Sumut tersebut, dengan jumlahnya 10.853.940.

Dengan DPT itu, Herdensi optimis tingkat masyarakat data ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) naik diatas 75 persen. Sehingga menjadi indikator pemilu sukses itu, karena pemilih banyak datang ke TPS.

"Target peningkatan partisipasi pemilih ya sama seperti yang ditargetkan oleh KPU RI ya kita seharusnya bisa melampaui angka 75 persen pemilih datang ke TPS. Karena, salah satu indikator pemilu sukses itu ya pemilih banyak datang ke TPS," ucap Herdensi.

Pemilih Gen Z di Bali

Rekapitulasi DPT Provinsi Bali untuk Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Tak hanya di Sumut, jumlah pemilih generasi Z di Provinsi Bali menyumbang jumlah 3.225 orang. Sedangkan, jumlah pemilih perempuan juga tercatat lebih besar dibandingkan pemilih laki-laki.

Dalam daftar pemilih tetap (DTP) yang telah direkapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali mencatat, jumlah pemilih perempuan sebanyak 1.652.240 orang dan 1.617.276 pemilih laki-laki.

Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menjelaskan, penetapan data pemilih tetap akan terus berproses sampai penetapan DPT nasional.

"Masukan dan perbaikan data pemilih ini menjadi kontrol kepada KPU, ini bentuk kepedulian dari teman-teman partai," kata Lidartawan saat rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) Provinsi Bali, Rabu, 28 Juni 2023.

Untuk jumlah pemilih milenial di Bali, Kabupaten Badung memiliki jumlah pemilih pemula terbanyak, 600 orang. Selanjutnya, Kabupaten Tabanan 548 pemilih milenial, Karangasem 491, Kota Denpasar 441, Kabupaten Buleleng 380, Klungkung 258 pemilih baru, Bangli 189, Kabupaten Jembrana 172 dan Kabupaten Gianyar 146 pemilih.

Sedangkan, total jumlah DPT di provinsi Bali sebanyak 3.269.516 pemilih yang tersebar untuk 12.809 TPS.

Lidartawan juga meminta aduan masyarakat terkait DPT tingkat provinsi disampaikan sebelum ada penetapan daftar pemilih tetap secara nasional.

Pemilih yang sudah masuk dalam daftar pemilih tetap dapat mengajukan pindah memilih di TPS lain. "Silakan mengajukan pindah memilih, kita tunggu masukan masyarakat," kata Lidartawan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya