Ada Nama Airlangga Hingga Gibran Rakabuming, Siapa Cawapres Pilihan Prabowo Subianto?

Menhan RI Prabowo Subianto bertemu Istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra yang juga bakal capresPrabowo Subianto disuguhkan sejumlah nama kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang sekiranya akan maju mendampinginya dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Nama tersebut diungkap oleh Najwa Shihab dalam wawancara eksklusif bersama Prabowo dalam acara 'Mata Najwa'. Tercatat ada 6 nama yang disebut antara lain, Erick Thohir, Mahfud MD, Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, Khofifah Indar Parawansa dan Gibran Rakabuming Raka.

Usai menyuguhkan 6 nama tersebut, Najwa Shihab lantas bertanya ke Prabowo siapa sosok yang paling potensial untuk menjadi kandidat cawapresnya.

Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

"Siapa yang paling potensial dari keenam nama yang beredar?" kata Najwa kepada Prabowo, dikutip VIVA, Senin, 3 Juli 2023.

Prabowo tidak memberikan jawaban yang spesifik. Ia hanya menyebut keenam nama tersebut merupakan putra dan putri terbaik bangsa. Prabowo mengaku dapat berkerja dengan keenam sosok tersebut.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

"Mereka itu enam-enamnya putra putri terbaik bangsa, masing-masing di bidangnya dengan usia masing-masing,” kata Prabowo.

“Jadi, saya lihat I can work with all of them, saya bisa bekerja dengan semua,” sambung Menteri Pertahanan RI di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 itu. 

Najwa Shihab lantas bertanya kembali terkait dengan potensi Gibran Rakabuming Raka, yang menjadi salah satu nama paling serius dipertimbangkan untuk bersanding dengan Prabowo. Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi tersebut, sempat mencuat namanya.

Menjawab hal tersebut, Prabowo mengatakan proses pertimbangan mencari kandidat cawapres itu masih terus berjalan dan harus dilihat lebih jauh lagi. 

"Tentunya (nama Gibran) termasuk dong (dipertimbangkan lebih jauh). Semua harus kita perhitungkan. Sekarang kan ada alat survey dan polling," jelasnya.

Najwa kemudian mencoba untuk menegaskan kembali apakah nama Gibran yang paling memungkinkan di antara nama lain yang beredar. Namun, Prabowo justru kembali mempertanyakan hal tersebut pada Najwa seraya berkelakar.

“Anda sampaikan kan berarti anda mengakui ada kemungkinan kan?” kata Prabowo seraya tertawa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya