Prabowo Subianto Dinilai Capres Paling Kompeten Lanjutkan Jokowi

Prabowo Subianto Bertemu Pemimpin Redaksi Media Nasional
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai sangat berkompeten untuk meneruskan kepemimpinan Presiden Indonesia selanjutnya. Karakter Prabowo yang tegas dan ikhlas mengabdi kepada negara menjadikannya figur yang sangat cocok menggantikan presiden Joko Widodo.

PDIP Minta Pemerintahan Jokowi Selesaikan Sengketa Tanah Adat IKN Secara Adil

Direktur Eksekutif Citra Institute Yusak Farchan mengatakan, positioning Prabowo sejak awal memang sudah merepresentasikan karakter kepemimpinan Presiden Indonesia. Ia menyebut Prabowo merupakan kandidat capres yang memiliki andil besar terhadap kesatuan dan persatuan Republik Indonesia karena menjabat sebagai menteri pertahanan.

"Positioning politik pak Prabowo itu merepresentasikan karakteristik keberlanjutan pemerintahan pak Jokowi," kata Yusak di Jakarta, Sabtu, 8 Juli 2023.

Daftar Capres Iran Pengganti Ebrahim Raisi Diumumkan 11 Juni

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjadi panelis dalam Pertemuan Shangri-La Dialogue di Singapura, Sabtu, 3 Juni 2023.

Photo :
  • ANTARA

Yusak menegaskan, Prabowo menjadi satu-satunya kandidar capres yang berasal dari ketua partai. Hal ini sangat penting karena membuktikan Prabowo menjadi sosok yang minim untuk diintervensi oleh pihak manapun.

Terkuak! Ini Alasan Prabowo Ubah Program Makan Siang Gratis

"Pak Prabowo adalah satu-satunya calon presiden yang punya elektablitas tinggi yang posisinya adalah ketua umum parpol," tambahnya.

Keberhasilan Prabowo dalam membangun citranya sebagai figur nasionalis dan sangat ikhlas mengabdi kepada negara membuat tingkat popularitasnya kian meninggi. Elektabilitas Prabowo sendiri sangat tinggi hampir di semua lembaga survei Indonesia.

Terbaru, Prabowo berhasil meraih rating tertinggi dalam hasil Lembaga Survei Jakarta (LSJ) pada periode 20 hingga 29 Juni 2023. Survei yang melibatkan 1.200 responden dan mencakup 34 Provinsi seluruh Indonesia itu dilakukan secara acak atau systemic random sampling.

Terbukti ketua umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) tersebut meraih hasil yang sangat memuaskan. Prabowo berhasil unggul dari dua kandidat capres lainnya yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Prabowo mendapatkan elektabilitas 40,3% dalam survei ini, diikuti Ganjar 32,6% dan Anies 20,7%.

Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto mengatakan jumlah tersebut sudah sangat menegaskan posisi Prabowo sebagai capres yang paling unggul dan kompeten untuk melanjutkan kepemimpinan di Indonesia. Fetra melihat hasil tersebut sangat rasional dan realistis mengingat dalam pertanyaan apapun Prabowo selalu unggul dari kedua kandidat.

"Data ini semakin menegaskan bahwa keunggulan Prabowo Subianto atas para kompetitornya adalah suatu realitas mengingat dalam format pertanyaan apapun Prabowo selalu leading atas lawan-lawannya," ujar Fetra.

Prabowo sendiri berkomitemn untuk tetap meneruskan kepemimpinan Presiden Indonesia saat ini. Ia berniat ingin terus menjadikan Indonesia sebagai negara yang kuat dan makmur.

"Kita harus bersatu dan rukun. Saya berniat untuk meneruskan agar Indonesia kuat, makmur, dan Jaya," papar Prabowo.

Menurutnya, dalam membangun sebuah negara tidak cukup hanya dengan durasi 10 tahun menjabat. Ia menyebut butuh sekitar 40 tahun untuk benar-benar bisa membangun negara secara utuh dan matang.

Maka dari itu, kepemimpinan Indonesia selanjutnya mesti dan wajib melanjutkan estafet kepemimpinan sebelumnya.

"Jangan kira pemimpin selanjutnya bisa menyelesaikan semuanya dalam 5-10 tahun. Kira-kira buruh 40 tahun, jadi kalau beliau sudah merintis 10 tahun berarti sisa 30 tahun lagi," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya