PAN Beberkan Langkah Konkrit Majukan UMKM

Bendera Partai Amanat Nasional. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita

Jakarta Partai Amanat Nasional (PAN) senantiasa turun langsung menyerap aspirasi masyarakat, tidak terkecuali terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Langkah nyata yang digencarkan PAN semakin mendorong kemajuan UMKM Tanah Air.

Eko Patrio soal Dijagokan Jadi Menteri Prabowo: Cuma Bercandaan

“Menyambangi pelaku usaha kerajinan mendong untuk menggali aspirasi secara langsung adakah kendala dan tantangan apa yang dihadapi,” kata Calon Anggota Legislatif DPR RI PAN Dapil DIY, Sri Purnomo.

Salah satu langkah konkret PAN yakni dengan menggencarkan digitalisasi UMKM. Tujuan dari digitalisasi UMKM yakni memperluas jangkauan pemasaran buat perekonomian makin bergeliat.

Pentingnya Jejaring dan Komunitas bagi UMKM untuk Naik Kelas dan Ekspor

"Teman-teman pengrajin sudah berjualan di media online. Di era sekarang kami dorong ke situ. Sehingga memudahkan semua pihak untuk melakukan transaksi jual beli," katanya.

Dorongan PAN tersebut selaras dengan yang dicanangkan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menargetkan UMKM Indonesia dapat bertransformasi ke sektor digital. Dia pun meminta PAN mempercepat digitalisasi di 1.000 pasar rakyat dan 1 juta pedagang 2022-2024.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Pasalnya, dengan digitalisasi kontribusi UMKM terhadap perekonomian negara akan semakin besar. Berdasar data United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) pada 2022 kontribusi UMKM sebesar 60,3 persen terhadap PDB.

"kami inisiasi sehingga bisa jual produk dan hasilnya bisa gerakkan ekonomi," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya