Urusan Dukungan Capres 2024, Golkar Malut Serahkan Putusan Final ke Airlangga

Ketua Golkar Malut Alien Mus
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Pertemuan pengurus DPD tingkat I Golkar se Indonesia di Bali menegaskan tak ada wacana musyawarah nasional luar biasa (munaslub) di internal partai berlambang pohon beringin tersebut. Seluruh DPD kompak mendukung kepemimpinan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum.

Kepemimpinannya Dikhawatirkan Bahayakan Demokrasi, Begini Jawaban Blak-blakan Prabowo

Demikian disampaikan Ketua DPD Golkar Maluku Utara Alien Mus. Ia menyampaikan seluruh DPD menyatakan sikap tegas menolak munaslub dan tetap mendukung kepemimpinan Golkar di bawah Ketua Umum Airlangga Hartarto.

"Kami, para ketua DPD seluruh Indonesia sudah menyampaikan sikap kami menolak wacana munaslub dan tetap mendukung kepemimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto, 100 persen," kata Alien Mus dalam keterangannya, Senin, 31 Juli 2023.

Mendagri Tito Setuju Sistem Pemilu Dikaji Ulang

Pertemuan Puan Maharani-Airlangga Hartarto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menambahkan, seluruh ketua DPD I Partai Golkar juga menyatakan tetap fokus satu komando di bawah kepemimpinan Airlangga untuk menyongsong targer Golkar di Pemilu 2024.

Airlangga Tunggu Hasil Survei Dico Ganinduto-Raffi Ahmad untuk Pilkada Jateng 2024

Ia mengatakan, pernyataan sikap yang disampaikan seluruh Ketua DPD I Golkar di Bali juga jadi bukti tak ada satu pemilik suara yang ingin mengusulkan munaslub.

Menurut Alien, sikap tegas seluruh DPD ini sudah disampaikan langsung kepada Airlangga Hartarto dalam pertemuan di Hotel Mulia Resort, Nusa Dua Bali, pada Minggu kemarin.

Pun, dia menambahkan, kemunculan wacana isu munaslub justru membuat seluruh DPD Golkar makin solid untuk bekerja meraih kemenangan partai di Pemilu 2024. Ia menyebut, seluruh ketua DPD Tingkat I Golkar atau 38 provinsi hadir dalam silaturahmi dengan Airlangga Hartarto di Bali.

Ia menyebut pertemuan pengurus DPD dengan Airlangga itu juga sebagai permintaan dari para ketua DPD sendiri.

Dalam pertemuan pengurus DPD se-Indonesia, ada sejumlah poin yang disepakati di antara seluruh DPD Golkar se-Indonesia. Salah satunya selama 3 hingga 4 tahun terakhir semua DPD di provinsi dan kabupaten/kota sudah bekerja melakukan konsolidasi menuju pemenangan.

Alien menekankan bahwa seluruh DPD tak ingin pekerjaan yang tinggal enam bulan tersebut diganggu dengan wacana yang kontra produktif.

"Saya pribadi, dan 37 ketua DPD Golkar provinsi lainnya sudah menyampaikan komitmen kami, bahwa kami satu komando di bawah kepemimpinan Bapak Airlangga Hartarto. Kami akan berjuang maksimal bersama Pak Airlangga untuk memenangkan Golkar hingga 2024 nanti," ujar Alien yang juga Anggota DPR tersebut.

Lebih lanjut, dia memastikan urusan keputusan capres-cawapres serta strategi politik Partai Golkar diserahkakn kepada Ketum Airlangga Hartarto. Ia mengatakan, hal ini sebagai mandat dari Munas Partai Golkar 2019.

Mandat dari munas itu dikuatkan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di tahun berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya