Didatangi Prabowo, PSI Mantapkan Dukungan Capres Arahan Jokowi

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie menyatakan pihaknya sudah memantapkan arah pilihan terkait pencapresan di Pemilu 2024. Grace mengatakan demikian usai dikunjungi Ketua Umum Partai Gerindra yang juga bakal capres Prabowo Subianto di kantor DPP PSI.

Momen Sudaryono 'Colek' Bambang Pacul saat Makan Gorengan di Warung Spanduk PDIP

Dia mengklaim pihaknya sudah bergerak sesuai arahan Jokowi. Kata Grace, tanda-tanda itu sudah terlihat.

“Tokoh yang kami kagumi adalah Pak Jokowi. Kami ingin melihat keberlanjutan Pak Jokowi dan kalau temen-teman tanya apakah sudah mengerucut ke mana? PSI siap bergerak sesuai arahan Pak Jokowi. Tapi akhir-akhir ini sudah makin terlihat arah tanda-tandanya,” kata Grace di kantor DPP PSI, Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2023.

Bocoran Nama Cagub DKI dari PDIP

Grace menegaskan, PSI bakal ikut arahan Jokowi. Sebab, PSI ingin melihat keberlanjutan perjuangan pembangunan yang sudah dibangun Presiden Jokowi selama dua periode.

“PSI tegak lurus Pak Jokowi, tapi bukan membebek. Kita ingin melihat keberlanjutan program Pak Jokowi,” lanjut Grace.

Prabowo Ingin RI Pakai BBM B100, Menteri ESDM Sebut Tahun Depan Baru B40

Maka itu, Grace berharap presiden Indonesia selanjutnya merupakan sosok yang melanjutkan pembangunan Presiden Jokowi.

“Kalau presiden selanjutnya tidak mau membangun di atas tiang pancang yang dibangun Pak Jokowi, maka kita akan membuang energi, waktu dan biaya,” kata Grace.

Merespons itu, Prabowo mengaku senang. Eks Danjen Kopassus itu tidak melihat PSI sebagai partai kecil, tetapi lebih kepada idealisme dan kelompok muda. “Saya gembira diundang bagi saya bukan soal besar kecil tapi idealisme dan saya lihat PSI,” kata Prabowo.

PSI merupakan parpol yang sejak awal Oktober 2022 sudah mendeklarasikan dukungan terhadap politikus PDIP Ganjar Pranowo sebagai bacapres. Namun, dalam dinamikanya, PDI PDIP tak pernah menyebut PSI sebagai pendukung Ganjar.

Godaan Prabowo

Prabowo Subianto secara blak-blakan mengaku mengajak PSI bergabung ke dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Poros KKIR dibangun Gerindra dan PKB.

Pertemuan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan PSI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Prabowo mengaku mengajak seluruh kekuatan bersatu bisa bekerja sama untuk kemajuan Indonesia.

"Oh iya, tentunya ingin mengajak semua kekuatan merah putih. Semua kekuatan Indonesia untuk bekerja sama," ujar Prabowo kepada wartawan, Rabu, 2 Agustus 2023.

Sementara, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie merespons santai godaan Prabowo. Grace justru menekankan langkah politik PSI akan sejalan dengan arahan dari Presiden RI Jokowi.

PSI, kata Grace juga akan memperhatikan sisi keberlanjutan dari program-program yang telah dijalankan Jokowi. Dia menyebut, akan buang waktu jika harus mengusung capres yang tidak melanjutkan program Jokowi.

"Kalau nanti presiden selanjutnya tidak mau membangun di atas tiang pancang, maka kita akan buang energi, buang waktu, buang biaya. Jadi kompas kami hari ini dalam menentukan dukungan adalah Pak Jokowi," kata Grace kepada wartawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya