Cucu Bung Karno Dade Marhaendra Dukung Ganjar, Pengamat: Secara Elektoral Banyak Bantu

Anak kedua mendiang Rachmawati Soekarno, M Marhaendra Putra atau Dade Marhaendra
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Bakal calon presiden atau capres PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dapat dukungan dari Marhaendra Putra atau Dade Marhandea yang merupakan cucu dari Presiden pertama RI Soekarno alias Bung Karno. Dade Marhaendra adalah putra mendiang Rachmawati Soekarno.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Pengamat politik Surya Vandiantara menganalisa dengan masuknya Dade ke barisan relawan pemenangan Ganjar akan membuat Gubernur Jawa Tengah itu bisa dekat dengan semua kalangan. Dia mengatakan demikian karena figur Dade bisa mewakili suara anak-anak muda di Tanah Air.

"Seperti kita tahu, Dade yang juga merupakan cucu proklamator kita di Indonesia ini memiliki suara yang kuat di bidang pendidikan dan sosial," kata Surya kepada wartawan, Jumat, 11 Agustus 2023.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Dia bilang kehadiran Dade sebagai tim pemenangan bisa membuat Ganjar lebih memahami isu-isu terkait. Ia bilang hal itu akan berdampak pada program yang diusungnya nanti jika terpilih sebagai RI-1.

Pun, dia menambahkan, keberadaan Dade juga diharapkan bisa berikan dampak elektoral positif terhadap Ganjar. Ia bilang elektoral itu untuk meraup suara dari kalangan milenial dan Gen Z.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Secara elektoral, pastinya akan banyak membantu Ganjar untuk meningkatkan suaranya di kalangan anak-anak muda," jelas Surya.

Maka itu, ia menyampaikan, kehadiran Dade diharapkan bisa bantu Ganjar menyiapkan program kerja dan kampanye yang ramah dengan milenial dan Gen Z.

Dia menyebut figur Dade dikenal sebagai sosok yang luwes bergaul dan memiliki koneksi kuat. Kata Surya, bukan hanya di dunia politik, tapi di industri-industri lain sebagai entertainer.

Bagi dia, dengan sosok muda, Dade bisa membawa ide-ide segar dan solusi inovatif yang sesuai kebutuhan serta aspirasi generasi muda.

Rekam jejak Dade gencar membumikan ajaran Soekarno dan semangatnya kepada para pemuda. Ia sempat menjabat sebagai Wakil Rektor II Universitas Bung Karno (2013-2021). Lalu, Dade juga pernah jabat Ketua Umum Yayasan Pendidikan Soekarno.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama sejumlah politikus PDIP.

Photo :
  • Istimewa

Dia juga tercatat pernah diplot sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Ajaran Bung Karno Universitas Bung Karno (2021 - sekarang).

Latar belakang dianggap cocok dengan Ganjar yang ingin mengoptimalkan potensi anak muda di negeri ini. Merujuk survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), Ganjar jadi bakal capres pilihan milenial kampus kebanyakan.

Dia mengungguli dua bacapres lainnya yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Dalam survei itu, Ganjar unggul di angka 36,18 persen. Sementara, Prabowo dapat nilai 33,75 persen dan Anies mendapat 33,75 persen.

Dalam survei ini yang jadi indikator penilaian adalah rekam jejak, integritas, kompetensi, skill, leadership, nasionalisme dan keselarasan dengan leadership Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya