SBY Bersyukur MA Tolak PK Moeldoko: Kemenangan Pencari Kebenaran

SBY hadir saat kongres Partai Demokrat yang menunjuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi Ketum Demokrat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku sudah berkomunikasi dengan ayahnya, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait keputusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak peninjauan kembali (PK) pihak Moeldoko atas atas kepengurusan DPP Partai Demokrat. 

Soal Urusan Ini Ganjar Pranowo Sejalan dengan Moeldoko

AHY mengatakan SBY yang tengah berada di Pacitan menitipkan pesan kepada seluruh kader Demorat usai Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan peninjauan kembali (PK) Moeldoko dalam upaya pembegalan partai Demokrat.

Pesan pertama yang disampaikan oleh SBY adalah putusan MA merupakan kemenangan bagi yang menjunjung tinggi Demokrasi, khususnya di Tanah Air. Selain itu, keputusan MA juga memberi harapan bagi penegakan hukum di Indonesia. 

Kata Demokrat Penambahan Kementerian Agar Rakyat Bisa Lebih Diurus

"Putusan MA yang menolak PK KSP Moeldoko ini, bukan hanya kemenangan bagi Partai Demokrat, tetapi juga kemenangan bagi pencari kebenaran, pencari keadilan dan pecinta demokrasi. Keputusan ini juga memberikan harapan yang baik bagi penegakan hukum yang adil di Indonesia," kata AHY saat konferensi pers di DPP Demokrat, Jumat, 11 Agustus 2023.

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Photo :
  • Demokrat
Prabowo: Ada yang Ngaku-ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai

Kedua, ungkap AHY,  SBY juga tidak bisa menerima ketika ada pihak luar dalam hal ini Moeldoko yang ingin mengambil alih Partai Demokrat dengan cara yang tidak sesuai mekanisme internal. Terlebih, SBY merupakan salah satu penggagas dan pendiri Demokrat.

"Beliau juga bukan hanya menggagas dan mendirikan, pernah memimpin partai ini, jatuh bangun setiap saat bersama seluruh kader Demokrat. Beliau membina kita semua sehingga bisa tumbuh dan semakin maju dari waktu ke waktu," kata AHY.

"Sehingga tentu tiba-tiba ada orang yang ingin merampas Demokrat ini dengan cara ilegal, cara-cara yang diluar nalar dan etika, tentu bukan hanya kader tetapi beliau juga yang tak bisa menerima," sambungnya.

SBY juga mengaku berterima kasih kepada MA yang sudah menolak permohonan PK Moeldoko cs.

"Untuk itu, atas putusan MA, penolakan terhadap PK KSP Moeldoko tadi, beliau merasa bersyukur, lega, sekaligus juga semakin yakin bahwa Insya Allah perjuangan Demokrat untuk terus menjadi bagian penegak demokrasi di Indonesia dan juga bisa mencapai tujuan besar di depan, bisa diberikan jalan terbaik oleh Allah SWT," ujarnya.

Lebih lanjut, AHY mengajak seluruh masyarakat untuk tegak lurus menjaga kehidupan demokrasi. Ditekankannya, nilai-nilai yang dianut dalam konstitusi, harus tetap dijaga oleh semua elemen bangsa. "Panjang umur perjuangan, panjang umur demokrasi di Indonesia," imbuhnya.

Sebagai informasi, MA menolak permohonan PK yang diajukan kepengurusan Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) pimpinan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

"Tolak," bunyi amar putusan yang dibacakan Ketua Majelis Yosran seperti dikutip VIVA dari website kepaniteraan.mahkamahagung.go.id, Kamis, 10 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya