Panik! Hasto Akui PDIP Langsung Analisis Dampak Golkar dan PAN Dukung Prabowo

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengaku partainya melakukan analisis perubahan konstelasi politik ketika Golkar dan PAN mendukung Bakal Capres 2024 Prabowo Subianto. Diketahui, Golkar dan PAN masuk barisan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai Bakal Capres. 

Golkar Sebut Ridwan Kamil Pilih Maju Pilkada Jawa Barat

Hasto mengklaim, hasil analisis internal partainya setelah adanya perubahan konstelasi politik, malah memunculkan keinginan rakyat menjadikan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI.

"Ketika terjadi perubahan konstelasi setelah Golkar, PKB, dan PAN itu gabung, dari Arus Bawah, (pilihannya tetap) Ganjar presidenku, apapun parpol yang dipilih rakyat," kata Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Agustus 2023.

Jokowi dan Elon Musk Bakal Resmikan Layanan Starlink saat WWF di Bali

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Menurut Hasto, situasi di rakyat menghasilkan energi positif bagi PDIP untuk memenangkan Ganjar saat Pilpres 2024, meski Gubernur Jawa Tengah itu tidak didukung banyak partai.

Dampingi Airlangga Terima Dubes Tiongkok, Dave Laksono Bicara Kerja Sama Golkar dan Partai Tiongkok

"Ini menjadi energi positif kami melangkah dengan percaya diri, karena sebelumnya memang dengan kondisi Pak Ganjar dikeroyok ini, justru munculkan suatu solidaritas rakyat bantu Pak Ganjar," kata Hasto.

Hasto memastikan PDIP akan bekerja keras menjadikan Ganjar sebagai Presiden RI periode 2024-2029. "Pak Ganjar ini kami perjuangkan menjadi Presiden RI, apa pun partai politiknya," ujarnya.

Dia menekankan, PDIP bakal terus bergerak turun ke bawah menemui rakyat demi menyukseskan pemenangan Ganjar. Hasto bahkan mengatakan Ketua DPP PDIP Puan Maharani terus menjalin komunikasi ke beberapa partai demi memuluskan upaya menjadikan Ganjar sebagai Presiden RI. 

"PDIP dengan calon Pak Ganjar terus bergerak. Kenapa Mbak Puan tetap melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain? Karena pemimpin pada akhirnya akan ditentukan dari karakternya. Apakah karakternya baik, moralitas pemimpinnya bagaimana, kejujurannya bagaimana, kemampuan teknokratiknya bagaimana, visinya itu yang harus dilihat dalam pemilu," kata Hasto.

Hasto lebih jauh mengatakan partainya terus mengevaluasi beberapa langkah yang sudah dilakukan demi menyukseskan Ganjar sebagai Presiden RI agar sesuai dengan dinamika politik terkini. Untuk saat ini, kata Hasto, DPP PDIP memakai strategi menunjukkan karakter Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya