Foto Jokowi Jadi Tameng Baliho Bacapres, Prabowo: Ya Gak Apa-apa Kan?

Menhan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto buka suara soal foto dirinya bersama Presiden Jokowi yang terpasang dalam baliho di berbagai daerah. Prabowo mengaku tidak merasa tersindir dengan perkataan Jokowi dan tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

"Kan apa komentar beliau terakhir, ya (mengatakan) gak apa-apa kan, boleh-boleh saja," kata Prabowo Subianto di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu, 16 Agustus 2023.

Lantas, Prabowo membahas soal pidato Presiden Jokowi pada saat rapat tahunan MPR RI bersama DPR dan DPD. Menurutnya, pidato Jokowi berisikan ajakan semua pihak untuk mengedepankan kebersamaan.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

"Tadi semua pidato kan menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan ya," katanya.

Baliho raksasa bergambar Prabowo dengan Presiden RI Jokowi di Surabaya, Jawa Timur.

Photo :
  • istimewa
Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Tak hanya itu, Prabowo juga mengaku ingin melanjutkan salah satu program Jokowi soal pengentasan kemiskinan di Indonesia. "Tadi Presiden mau mempercepat pengentasan kemiskinan, harus dipercepat, kan begitu. Ada hal-hal yang harus kita perbaiki semua, jadi on the whole luar biasa ya, kita bangga," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi menyampaikan sudah jadi nasib sebagai Presiden di tahun politik seperti saat ini. Dia menyinggung dirinya yang kerap jadi bantalan atau tameng bagi pihak-pihak yang akan berkontestasi di Pemilu 2024.

Jokowi menegaskan dirinya bukan ketua umum partai politik, juga bukan ketua koalisi partai. Dengan demikian, tak punya kewenangan untuk mendorong capres tertentu atau format koalisi.

Ia juga menepis adanya restu capres-cawapres dari 'Pak Lurah'. Jokowi pada akhirnya baru mengetahui isstilah 'Pak Lurah' yang dimaksud adalah dirinya sebagai Presiden RI. 

"Saya bukan lurah. Saya Presiden Republik Indonesia. Ternyata Pak Lurah itu, kode. Tapi perlu saya tegaskan, saya ini bukan Ketua umum parpol, bukan juga Ketua koalisi partai dan sesuai ketentuan Undang Undang yang menentukan Capres dan Cawapres itu parpol dan koalisi parpol," kata Jokowi saat menyampaikan pidato Kenegaraan di HUT RI ke-78 di Gedung DPR/MPR, Rabu, 16 Asgustus 2023.

"Jadi saya mau bilang itu bukan wewenang saya, bukan wewenang Pak Lurah. Walaupun saya paham sudah nasib seorang Presiden untuk dijadikan “paten-patenan”, dijadikan alibi, dijadikan tameng," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya