Endorsement Jokowi Dinilai Hanya Bermuara ke Arah Prabowo, Begini Analisa Pengamat

Presiden Jokowi berbincang dengan Menhan Prabowo Subianto (dua dari kanan)
Sumber :
  • Setpres

Jakarta - Bakal calon presiden atau bacapres Prabowo Subianto dinilai dapat dukungan penuh dari Presiden Jokowi. Salah satu acuannya karena Prabowo didukung dalam koalisi yang terdiri dari parpol pendukung pemerintah.

Gerindra dan Demokrat Siap Berkoalisi di Pilgub Jawa Tengah

Demikian analisa dari pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul. Menurut dia, besarnya koalisi pendukung itu terbentuk di bawah komando Menteri Pertahanan RI tersebut.

“Saya meyakini, ketika Prabowo dengan koalisi yang terbentuk besar saat ini, saya mengatakan dan meyakini dengan analisa komunikasi politik, Prabowo itu diendorse oleh Jokowi,” kata Adib, dikutip pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Dia menuturkan dukungan yang didapatkan Prabowo dari Jokowi sudah mulai muncul ke permukaan. Adib mencontohkan, salah satunya saat Prabowo itu kerap menemani dan menemui Jokowi di berbagai kesempatan termasuk kunjungan kerja.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Pun, ia menyoroti Prabowo sebagai salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju yang kerap bertemu dengan Jokowi di Istana Negara. Padahal, dua tokoh itu pernah jadi rival di Pilpres 2019 tapi saat ini sering berbincang dan menyantap makanan bersama.

Dia menyoroti saat Prabowo kerap menemani Jokowi ke daerah seperti salah satunya Kabupaten Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Dari kedekatan Prabowo dengan Jokowi berimbas terhadap melonjaknya elektabilitas eks Danjen Kopassus tersebut. Hal itu merujuk hasil survei terbaru yang dikeluarkan Voxpol Center Research & Consulting.

Dalam survei Voxpol yang dilakukan periode 24 Juli – 2 Agustus 2023, Prabowo berada di urutan teratas dengan total 36,5 persen. Di bawah Prabowo, ada Ganjar Pranowo dengan 30,4 persen dan Anies Baswedan yang meraup 26,4 persen.

Menhan Prabowo Subianto dengan Presiden Jokowi mengecek bantuan untuk Turki dan Suriah.

Photo :
  • Istimewa

Maka itu, Adib merasa yakin kedekatan Prabowo dengan Jokowi bisa jadi salah satu pendongkrak elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra tersebut jelang Pilpres 2024. Ia menganalisa, endorsement Jokowi untuk kepentingan Pilpres 2024 hanya bermuara ke arah Prabowo.

Selain itu, dia menambahkan saat ini adanya perubahan sikap dan juga keluwesan Prabowo dalam hal berkomunikasi dengan semua kalangan masyarakat. Gaya komunikasi Prabowo itu dinilai jadi daya tarik signifikan dukungan untuk Prabowo agar memimpin RI di periode selanjutnya.

“Endorsement Jokowi saya masih meyakini bahwa ini ada di Prabowo. Itulah yang menyebabkan survei ini juga jadi indikator kenapa dia bisa unggul lagi melawan Capres potensial dua lainnya,” sebut Adib.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya