Anggap Situasi Politik Masih Dinami, PKS Tak Menolak Wacana Duet Ganjar-Anies

Milad PKS ke-21, Presiden PKS Ahmad Syaikhu
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Badung – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu memberi tanggapan soal wacana duet Ganjar Pranowo-Anies Baswedan, sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 yang sempat dilontarkan Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah.

Sekda Supian Suri Datangi DPD PAN untuk Maju Jadi Wali Kota Depok

Saat ditemui dalam lomba baca Teks Proklamasi yang digelar Fraksi PKS DPR RI di Kabupaten Badung, Bali, Selasa, 22 Agustus 2023, Syaikhu menilai bahwa partai politik peserta Pemilu 2024 sejatinya belum menetapkan pilihan akhir.

“Masih mencari dinamika satu sama lain, jadi masih sangat mungkin terjadi pergeseran (capres dan cawapres) sampai pada saat nanti menjelang pendaftaran, baru ketahuan akan saling mengunci dan final,” kata dia.

Partai Gelora Tolak PKS Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Meski peluang duet itu ada, PKS sebagai bagian dari koalisi perubahan menyatakan bahwa hingga saat ini mereka masih teguh mengusung Anies sebagai bakal calon presiden, meskipun banyak opsi muncul ke permukaan.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

“Bagi kami di koalisi tiga partai pengusung Anies, sampai hari ini, insyaallah, masih solid. PKS, Nasdem, dan Demokrat masih teguh untuk mengusung saudara Anies Baswedan,” tegas Syaikhu.

“Tapi tadi kalau peluang dan segala macamnya, ya, masih sangat terbuka sepanjang belum ada proses pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum,” katanya.

Anggota DPR RI itu mengakui bahwa apapun bisa terjadi, termasuk ketika disinggung soal kapan calon presiden yang diusungnya mengumumkan calon wakilnya untuk maju pada Pemilu 2024.

Anies Baswedan saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

PKS tak mematok siapa dan kapan Anies akan mengumumkan nama tersebut, mereka telah mengajukan beberapa nama namun pada akhirnya kembali menyerahkan keputusan kepada mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Mereka juga tak gentar melihat kekuatan lawan, yaitu Ganjar Pranowo dengan dukungan dari PDIP, PPP, Perindo dan Hanura, serta Prabowo Subianto dengan dukungan Gerindra, Golkar, PKB dan PAN yang menduduki hasil survei lebih unggul dari Anies.

Menurutnya survei-survei yang beredar hanya cerminan dari kondisi hari ini dan belum tentu sama dengan enam bulan mendatang, ditambah ketika nantinya pasangan cawapres ditentukan.

“Kita juga banyak belajar pada saat mengusung Anies di [pilkada] gubernur DKI Jakarta. Saat itu juga survei masih buncit, tetapi dalam proses kita berusaha terus untuk meyakinkan masyarakat dan sampai akhirnya mereka menentukan pilihannya pada Anies,” ujarnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya