Tak Masuk Daftar Caleg PDIP, Effendi Simbolon: Mau Nyapres!

Anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP Effendi Simbolon.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Effendi Simbolon angkat bicara ihwal namanya tidak masuk dalam daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) PemiLu 2024 yang sudah dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Effendi mengaku memang sengaja tidak lagi mencalonkan diri sebagai caleg.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Insyaallah tidak mencalonkan. Kami mau nyapres," kata Effendi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 24 Agustus 2023. 

Dia menyebut dirinya bisa maju sebagai bakal capres dengan mekanisme ambang batas pencapresan atau presidential threshold 0 persen. Effendi meyakini suatu saat majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengabulkan gugatan atau judicial review ambang batas pencapresan 0 persen.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

"Nanti kan MK-nya 0 persen. Kan judical review lagi. Nyapres kita mau challange kebuntuan politik," ujar Anggota Komisi I DPR itu.

Baca Juga: Ferdinand Klaim Gantikan Effendi Simbolon Jadi Caleg PDIP, Puan Malah Bilang Begini

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Namun, dia mengatakan harapan menjadi bakal capres tersebut belum dikomunikasikan ke Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Effendi bahkan berkelakar siap jika Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) mengundangnya di acara berbagi pandangan mengenai Indonesia ke depan.

"Kalau BEM undang saya juga saya mau. Lho beneran kan semua masih sama-sama bakal. Saya juga boleh dong dihadirkan," kata Effendi.

Effendi termasuk politikus kawakan PDIP yang sudah berulang kali lolos ke DPR. Mantan Ketua Komisi VII DPR itu lolos sebagai wakil rakyat sejak Pemilu 2004. Sejak itu, dia sudah empat periode melenggang ke Senayan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya