Beda dengan Megawati, Elite Gerindra Sebut Kinerja KPK "Sekarang Benar-benar Maksimal"

Anggota Komisi III DPR RI, Habiburokhman
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman merespons pernyataan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibubarkan.

Terpopuler: Ciri-ciri Pembunuh Vina Cirebon yang Masih Berkeliaran, Sosok Jenderal Pembangkang Orba

"Saya yakin Bu Mega support pemberantasan korupsi dan support KPK. Soal kinerja KPK saat ini, ya, saya tegaskan lagi, walaupun banyak kontroversi, secara garis besar, baik sekali kinerja KPK saat ini," kata dia ditanyai wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 24 Agustus 2023.

Menurut politikus Partai Gerindra itu, KPK kini sudah menunjukkan banyak kemajuan. Sebab, selain melakukan penindakan, KPK juga melakukan pencegahan dan edukasi secara maksimal.

UKT Naik 10 Persen di UPN Jatim, 70 Persen Mahasiswa Baru Ajukan Keberatan

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • Dok. PDIP

Bahkan, dalam program edukasi, katanya, lembaga tersebut juga turut melibatkan partai politik sebagai peserta. Partai Gerindra termasuk yang pernah dilibatkan oleh KPK dalam program edukasi antikorupsi.

Duit Ditjen Holtikultura Kementan yang Mengalir ke SYL Bikin Kaget

"Artinya, pencegahan jalan, penindakan enggak surut gitu loh. Kalau dulu KPK itu hanya dikenal orang dari penindakan, sedangkan edukasi dan pencegahannya kurang maksimal, sekarang inilah kita baru rasakan benar-benar maksimal," ujarnya.

"Hanya memang publik ingin melihat drama: wah, banyak orang ditangkap dan lain sebagainya. Enggak hanya itu, pemberantasan korupsi itu yang paling penting edukasi dan pencegahan," ujarnya.

Ilustrasi Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kendati demikian, dia berpendapat, KPK harus tetap dipantau dan dikawal bersama agar dapat bekerja dengan maksimal sehingga berbagai kasus korupsi di Indonesia dapat diberantas sampai ke akar-akarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya