Siap Hadiri Tantangan Debat BEM UI, Anies Baswedan Soroti 3 Aspek Ini

Bakal Calon Presiden Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Jakarta – Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengatakan siap diundang Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) untuk adu gagasan terkait visi misinya. Anies menyampaikan terimakasihnya kepada BEM UI.

Sistem Politik Harus Dievaluasi karena Minimnya Caleg Muda Terpilih, Menurut Ketua MPR

Menurut dia, masyarakat akan menilai tiga aspek capaian setiap bakal capres dalam adu gagasan nanti. Dia menyebut tiga aspek itu di antaranya rekam gagasan, rekam karya dan rekam capaian prestasinya.

"Ini adalah saatnya bagi masyarakat untuk melakukan penilaian secara objektif untuk tiga aspek, rekam gagasan, rekam karya yang sudah pernah dikerjakan dan rekam capaian prestasi," kata Anies di Bekasi Rabu malam, 23 Agustus 2023.

Prabowo Bidik Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen, Ekonom Sebut Terlalu Overshoot

Anies menjelaskan kesiapannya didasari karena mahasiswa UI jadi salah satu pejuang di tahun 1998. Maka itu, ia menilai ruang debat yang digelar BEM UI sebagai ajang penilaian dari masyarakat.

Iran Akan Mengadakan Pemilu untuk Memilih Presiden Baru Pada Akhir Juni

 

"Jadi, tiga ini pertama rekam gagasan, yang kedua apa saja action-nya, apa saja karyanya. Yang ketiga karyanya apa saja prestasinya," jelas eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Bagi dia, forum adu gagasan bakal capres yang disiapkan BEM UI merupakan kesempatan baik. Ia mengatakan demikian karena mahasiswa bagian elemen masyarakat yang punya tanggung jawab moral dan sejarah dalam memperjuangkan negara terutama 1998,

“Kita harus beranggapan sekarang mereka jadi bagian yang ikut menjaga agar kualitas demokrasi kita menjadi terus lebih baik," lanjutnya.

Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang.

Photo :
  • VIVA/Galih Purnama.

BEM UI sebelumnya menyampaikan bakal mengundang tiga bakal capres yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto untuk adu gagasan di kampus. BEM UI sudah menyiapkan waktu forum adu debat itu pada 14 September mendatang.

"Kami akan melangsungkan program adu gagasan tiap bacapres ini pada 14 September 2023 nanti," kata Ketua BEM UI Melki Sedek Huang dalam keterangannya, Rabu, 23 Agustus 2023.

Melki menuturkan pihaknya segera mengirim undangan resmi kepada tiga bacapres agar datang ke UI. Dia bilang BEM UI ingin menguliti isi pikiran tiga bakal capres. Tiga bacapres itu juga mesti diuji gagasannya untuk bangsa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya