Gerindra Yakin Cak Imin Tak Masalah Nama Koalisi Diubah: Kaget Bukan Berarti Gak Setuju

Prabowo dan Cak Imin tanda tangan sepakat koalisi Gerindra-PKB.
Sumber :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Jakarta – DPP Partai Gerindra merespons santai pengakuan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang kaget nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) berubah menjadi Koalisi Indonesia Maju (KIM). Cak Imin mengaku tak dilibatkan dalam perubahan nama koalisi menjadi KIM.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Habiburrokhman menyebut kagetnya Cak Imin bukan berarti tidak setuju dengan nama koalisi pengusung Prabowo Subianto sebagai bakal capres 2024.  

“Kalau kaget bukan berarti gak setuju ya,” kata Habiburrokhman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Baca Juga: Kans Jadi Cawapres Mengecil, Cak Imin Berpeluang Cabut dari Koalisi Prabowo

PKS Mengaku Siap Hadapi Koalisi Enam Partai di Pilkada Depok 2024

Habiburrokhman meyakini Cak Imin tidak mempersoalkan perubahan nama KKIR menjadi KIM. Apalagi, kata dia, saat ini sudah merapat Golkar, PAN dan PBB menambah anggota koalisi.

“Gak ada masalah,” kata Habiburokhman yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR tersebut. 

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa persoalan koalisi bukan untuk konsumsi publik. “Itu gak perlu, bukan konsumsi publik eksternal lah ya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Cak Imin mengaku baru tahu koalisi parpol pengusung Prabowo Subianto diberi nama KIM. Ia mengatakan informasi itu diketahui dari Prabowo saat perayaan HUT PAN.

Bakal capres Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama ketum PKB Cak Imin di Jombang.

Photo :
  • Istimewa

Dengan begitu, kata dia, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang digagas PKB bersama Gerindra sudah bubar.

"Ya saya baru dikasih tahu tadi sama Pak Prabowo bahwa koalisinya tadi Koalisi Indonesia Maju. Tentu saya akan lapor ke partai bahwa perkembangannya sudah berubah. Berarti KKIR dibubarkan dong. Nah, saya nggak tahu, saya akan melapor ke partai dulu," kata Cak Imin seusai acara HUT PAN di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, 28 Agustus 2023.

KKIR merupakan poros yang sudah setahun dibangun Gerindra dan PKB sejak 13 Agustus 2022. Saat itu, berlokasi di Sentul, Bogor, Prabowo dan Cak Imin sepakat kerja sama politik untuk menghadapi 2024. Di depan elite dua parpol, Prabowo dan Cak Imin juga meneken kesepakatan kerja sama politik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya