Tidak Lama Lagi, Siapa Cawapres dari Prabowo Subianto Akan Diumumkan

Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Dalam waktu yang tidak lama lagi, sosok cawapres yang akan mendampingi capres Prabowo Subianto, akan diumumkan ke publik. Sebelum masa pendaftaran capres-cawapres oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU, resmi dibuka pada Oktober 2023.

Sekjen Gerindra Ungkap Potensi Pertemuan Prabowo dan Megawati

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN, Viva Yoga Mauladi, mengatakan nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto akan diumumkan sebelum tanggal 10 Oktober 2023.

"Sebelum tanggal 10 Oktober 2023 akan diumumkan," kata Viva kepada wartawan di DPP PAN, Jakarta, Selasa, 12 September 2023.

Rahmat Mirzani Djausal, Cagub Pilihan Prabowo Subianto untuk Wakili Lampung

Ia mengatakan, jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia memajukan pendaftaran capres-cawapres menjadi 10 Oktober 2023, maka Koalisi Indonesia Maju sudah mengumumkan pendamping Prabowo di 2024.

"Sebelum pintu KPU dibuka, Koalisi Indonesia Maju sudah mengumumkan pasangan calon pak Prabowo," katanya.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Sebagai informasi, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, mengatakan kriteria dari figur bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto, akan dibongkar dalam waktu dekat. 

Hal itu diungkap Habiburokhman, usai menghadiri acara peluncuran buku 'Prabowo Subianto Sang Pemersatu Bangsa' di Rumah Besar Relawan Prabowo 08, Slipi, Jakarta Barat, Senin, 11 September 2023.

"Baru saya akan diinfo, mungkin dalam minggu-minggu ini (kriteria cawapres Prabowo)," kata Habiburokhman kepada wartawan.

Sejauh ini, Habiburokhman mengaku tidak mengetahui siapa sosok cawapres yang akan mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. Termasuk soal beberapa nama yang digadang-gadang potensial menjadi cawapres, seperti Erick Thohir hingga Gibran Rakabuming Raka. Namun Habiburokhman mengaku tidak tahu. 

"Saya belum tahu (soal Erick Thohir dan Gibran mencuat sebagai cawapres Prabowo)," jawabnya.

Habiburokhman melanjutkan, Prabowo akan berkomunikasi secara intens dengan seluruh ketua umum partai politik (parpol) pengusungnya di Koalisi Indonesia Maju untuk membahas figur cawapres. 

"Yang jelas Pak Prabowo intensif melakukan komunikasi dengan ketum-ketum partai politik pendukung," jelas dia.

Dia mengungkapkan, akan menginformasikan kepada publik mengenai kriteria cawapres pendamping Prabowo jika sudah ditentukan.

"Ya informasi yang dibahas itu kan kriteria kemudian sosoknya, nah kriterianya itu tidak di-lock, tidak di-lock harus misalnya berlatarbelakang etnik tertentu, harus dari kalangan sipil dan sebagainya, itu tidak di lock. Masih dibuka nah itu yang akan dibahas ketum parpol," imbuh Habiburokhman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya