PKS Tak Masalah Nasdem dan PKB Bentuk Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin

Hidayat Nur Wahid di Senayan, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

Jakarta -- Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid mengatakan partainya tak mempermasalahkan langkah Partai Nasdem dan PKB yang membentuk Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) setelah konsolidasi kemarin.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Konsolidasi tersebut, tidak dihadiri PKS. Namun, menurut Hidayat, hal itu sudah dikomunikasikan dengan DPP PKS.

Dia menerangkan, PKS merupakan partai yang taat pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART). Sehingga keputusan untuk mendukung pasangan Anies-Muhaimin harus disepakati melalui forum yang sudah diatur dalam AD/ART PKS.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

“Enggak apa-apa, karena memang kan proses formalnya kan memang PKS menyelesaikan dulu semuanya dan mereka juga pasti memahami proses ini," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 14 September 2023.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid

Photo :
  • DPR
Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Hidayat meyakini, Partai Nasdem dan PKB juga selalu mengkomunikasikan lebih dulu kepada PKS, apa saja langkah yang akan ditempuh untuk pencapresan Anies. Dia menukil kesetaraan koalisi. 

"Saya yakin mereka juga akan mengomunikasikannya ke PKS dan pastilah sikap keputusan akhir akan diambil bersama-sama secara kesetaraan. Tidak ada yang kemudian akan mendikte yang lain, semuanya pasti akan saling menerima dan saling menguatkan," kata Hidayat. 

Hidayat menambahkan, meskipun belum memutuskan sikap resmi terhadap pasangan Anies-Muhaimin, silaturahim yang dilakukan oleh PKB merupakan sinyal positif dalam bergabungnya PKS di Koalisi Perubahan. Apalagi silaturahmi tersebut juga menjadi forum PKS dan PKB menyamakan pandangannya terkait umat Islam.

"Sehingga itu akan memudahkan Presiden PKS maupun saya selaku Wakil Ketua Majelis Syura untuk besok melaporkannya kepada Majelis Syuro PKS tentang proses yang sedang berjalan dan positif yang diberikan oleh Pak Anies maupun juga oleh Cak Imin untuk bergabung dan untuk bisa diterima disetujui sebagai cawapres," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya