PDIP Bantah Megawati Tawari Ridwan Kamil Menjadi Cawapres dari Ganjar Pranowo

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta - Ketua DPP PDIP, Said Abdullah membantah Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri, menawarkan Ridwan Kamil untuk menjadi cawapres dari Ganjar Pranowo. Dia menilai, itu bukan tipikal Megawati.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Pengakuan tawaran itu disampaikan Waketum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia, terkait Ridwan Kamil ketemu Megawati. Menurut Said, penawaran seperti itu bukan tipikal Megawati.

"Tidak bisa si A berhak sudah diminta Ibu Ketum atau si B karena bertemu Ibu Ketum tiba-tiba keluarnya dia punya keyakinan akan terpilih sebagai cawapres. Nampaknya, itu bukan tipikal ibu ketum (Megawati Soekarnoputri)," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 14 September 2023.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Ditekankan Said, PDIP menghormati pernyataan-pernyataan dari pengurus Partai Golkar terkait fenomena Ridwan Kamil dalam seminggu ini. Namun, ia memastikan nama bakal cawapres Ganjar belum mengerucut kepada salah satu tokoh.

"Akan tetapi, saya pastikan, bahwa di internal kami, nama-nama yang beredar ini masih dalam keranjang Ibu Ketum," ujarnya.

Pernyataan Oposisi Ganjar Bisa Jadi Sikap Politik PDIP, Menurut Pakar BRIN

Lebih lanjut, Said menuturkan, Megawati memang telah bertemu dengan berbagai tokoh dengan berbagai latar belakang untuk menyerap aspirasi. Jelas dia, Megawati biasanya tidak langsung bicara soal bakal cawapres.

"Karena yang bertemu dengan Ibu Megawati dari berbagai disiplin ilmu, dari berbagai kalangan, para politisi, maka Ibu lebih banyak menyerap. Misalkan Ibu bertemu person to person tamunya kepada setiap orang bertemu Ibu. Biasanya Ibu tidak akan langsung, tidak akan pernah bicara soal calon," kata Said.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum  Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan bahwa kader Partai Golkar Ridwan Kamil ditawari menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 oleh Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri. Hal tersebut, kata Doli, disampaikan oleh Ridwan Kamil kepada Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Kemarin (isu RK kandidat cawapres Ganjar) menguat ya, ketika Pak Ridwan Kamil infonya ya, Pak Ridwan Kamil mengatakan pada ketua umum kami dia dipanggil, diundang oleh Ibu Megawati. Nah, kemudian ditawari menjadi (bakal) wapres itu yang kemudian menjadi merebak isu baru kan," kata Doli Rabu lalu. 

Doli mengatakan Airlangga sudah mengetahui tawaran Megawati tersebut. Pasalnya, bacapres PDIP Ganjar Pranowo membutuhkan figur yang bisa menarik suara di Jawa Barat.

"Sekali lagi nama Ridwan Kamil ini muncul ketika ada pertemuan dan memang Pak Ridwan Kamil sudah melaporkan ke Pak Airlangga ya, waktu itu disampaikan bahwa Pak Ridwan Kamil diundang oleh Bu Megawati kemudian ditawarkan jadi wakil presiden. Ya, latar belakangnya karena Pak Ganjar membutuhkan figur yang bisa memperkuat di Jawa Barat gitu. Nah itu disampaikan Pak Ridwan ke Pak Airlangga," kata Doli.

Menurut Doli, hal tersebutlah yang dimaksud Ridwan Kamil bakal ada peristiwa tak terduga atau breaking news. Hanya saja, kata dia, tawaran Megawati itu belum dibicarakan di DPP sehingga dianggap sebagai wacana belaka.

"Nah, karena Ridwan Kamil sekarang waketum, ya selama memang tidak ada partai politik yang membicarakannya secara resmi datang ke DPP atau kemudian ke Pak Airlangga Hartarto, ya itu kami anggap wacana yang berkembang saja," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya