Survei PRC di Jatim: Ganjar Unggul 40,4 %, Disusul Prabowo dan Anies Masih Urutan Terakhir

Tiga bacapres 2024 Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.
Sumber :
  • ist

Jakarta – Politika Research and Consulting (PRC), merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas tiga bakal calon presiden atau capres, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di Jawa Timur.

Prabowo Bicara soal Demokrasi: Kritik Itu Harus dan Boleh, Namun yang Objektif

Dalam simulasi tiga nama, Ganjar Pranowo unggul di peringkat satu dengan perolehan suara sebesar 40,4 persen. 

"Survei yang kami lakukan bahwa Ganjar Pranowo masih mengungguli dua di antaranya, yang pertama Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo dalam paparannya secara virtual, dikutip Senin, 18 September 2023.

Prabowo Bertekad Ringankan UKT di PTN: Kalau Bisa Sangat Minim atau Gratis

Selain itu, Prabowo Subianto berada di posisi kedua dengan perolehan suara sebanyak 32,3 persen. Sementara, bakal calon presiden Anies Baswedan memperoleh suara sebanyak 18,3 persen.

Rio mengatakan, bahwa semenjak pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dideklarasikan, terdapat pengaruh di daerah Jawa Timur. Elektabilitas Anies Naik dari 14 persen menjadi 18,3 persen.

Rival Pilpres, PAN Tak Akan Usung Anies di Pilgub Jakarta 2024

"Sementara Anies Baswedan yang di bulan April itu di angka 14 persen itu menjadi 18,3 persen. Kami melakukan survei di tanggal 7 dan sudah ada perubahan 4,3 persen," kata Rio.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengalami penurunan elektabilitas, dari 40,8 persen menjadi 40,4 persen pasca deklarasi Anies-Cak Imin. Prabowo juga mengalami penurunan dari yang semula 40,5 persen, menjadi 32,3 persen.

Adapun survei dilakukan dengan metode wawancarai lewat tatap muka (face to face), dan memiliki margin of error sebesar 2,7 persen. Wawancara dilakukan pada tanggal 7-12 September 2023.

Total responden yang berhasil diwawancara 1200 responden yang berusia minimal 17 tahun atau sudah memiliki KTP. Responden tersebar secara proposional di 38 Kabupaten-kota. Responden tersebar secara random di 120 desa atau kelurahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya