Politikus PDIP Sebut Mustahil Ganjar Jadi Cawapres Prabowo

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di Festival Belajaraya 2023 Jakarta
Sumber :
  • VIVA/ Yeni Lestari

Jakarta- Politikus PDIP Deddy Yevry Sitorus menyebutkan mustahil bakal calon presiden (bacapres) PDIP Ganjar Pranowo menjadi bacawapres dari bacapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto. Sebab, Ganjar Pranowo sudah diputuskan oleh PDIP sebagai capres 2024. 

Sudaryono Mulak Merangkak ke Posisi Atas Survei Pilgub Jateng

"Saya kira nyaris mustahil menjadikan Mas Ganjar sebagai cawapres karena beliau sudah ditetapkan menjadi capres," kata Deddy dikutip Senin, 25 September 2023.

Deddy menekankan, belum pernah ada preseden PDIP dan Megawati Soekarnoputri menarik keputusannya. 

Paman Bobby Nasution Ambil Formulir ke PDIP

“Belum pernah ada presedennya PDI Perjuangan apalagi Ibu Megawati untuk menarik keputusan apalagi menurunkan derajat penugasan," kata Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDIP ini.

Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Adi Soemarmo, Karanganyar Jateng

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Pesawat Kelima Super Hercules C-130J TNI AU Pesanan Menhan Prabowo Tiba di Indonesia


Selain itu, lanjut Deddy,, keputusan PDIP mengusung Ganjar bacapres sudah melalui pertimbangan matang sehingga sulit untuk kemudian menjadi bacawapres dari kandidat tertentu. Hal yang menjadi fokus PDIP dan partai koalisi pengusung Ganjar saat ini adalah mencari wakil yang tepat bagi Ganjar di Pilpres 2024.

"Pak Ganjar adalah kader terbaik PDI Perjuangan untuk menjadi capres saat ini dan itu sudah melalui pertimbangan yang dalam, diskusi yang luas dan panjang. Konsentrasi Ketua Umum dan pimpinan partai pengusung saat ini adalah memutuskan cawapres, bukan yang lain," ujarnya. 

Kendati begitu, Deddy menyerahkan keputusan soal pasangan capres dan cawapres kepada Megawati Soekarnoputri. PDIP akan mengikuti apapun yang diputuskan oleh Megawati.

"Apapun itu kita serahkan pada Ketua Umum sebab beliau yang diberi amanat oleh Kongres Partai sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi," ujarnya.

Prabowo dan Ganjar sendiri sudah memberikan respons soal peluang duet keduanya di Pilpres 2024. Prabowo tidak mengiyakan atau menolak isu tersebut, tapi Prabowo menekankan persatuan dan kesatuan di kontestasi Pilpres 2024.

"Yang kita dambakan adalah selalu persatuan, kerukunan apapun terjadi kita harus rukun kita harus sejuk," kata Prabowo di JCC, Jakarta Pusat, Kamis, 21 September 2023.

Prabowo akan menghormati siapapun yang diberikan mandat oleh rakyat. Apalagi, kata dia, rakyat menginginkan pemimpin yang damai.

"Siapapun yang dipilih mandat oleh rakyat kita hormati, ya kan, yang terbaik untuk rakyat. Rakyat Indonesia ingin pemimpin-pemimpin yang rukun dan damai, saya kira itu saja," kata Prabowo.

Sementara Ganjar mengakui semua tokoh yang bakal berpasangan dengan dirinya memiliki jarak dan kesempatan yang sama termasuk dengan Prabowo Subianto.

"Semua calon yang punya potensi berpasangan dengan saya, sama jaraknya," kata Ganjar, Kamis, 21 September 2023.

Diketahui, Prabowo Subianto sudah resmi diusung oleh partai-partai yang tergabung dalam KIM yang terdiri dari Parta Gerindra, Partai Golkar, PAN, PBB, Partai Gelora, Partai Garuda dan Partai Demokrat. Sementara Ganjar Pranowo sudah resmi diusung boleh PDIP, PPP, Partai Hanura dan Perindo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya