Gabung PSI, Elite PDIP Sebut Kaesang Bukan Tanggungan Jokowi Lagi

Kaesang Pangarep
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Jakarta – Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto menganggap bergabungnya putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) merupakan hak subjektif yang bersangkutan. 

Jokowi 'Down' Gol Muhammad Ferrari ke Gawang Uzbekistan Dianulir Wasit

Menurutnya, setiap orang punya hak subjektif masing-masing, termasuk dalam memilih partai politik. Baginya, tak perlu dikomentari pilihan Kaesang bergabung ke PSI.  

"Setiap orang itu punya subjektifnya masing-masing, kan gitu. Kenapa kita mesti berkomentar? Kan (hak) masing-masing," kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul di komplek parlemen, Senin, 25 September 2023. 

Bos Microsoft Satya Nadella Pernah Batal Ketemu Jokowi

Lebih jauh, pria yang juga memimpin PDIP Jawa Tengah juga menjelaskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PDIP terkait keluarga inti harus berada dalam satu partai politik yang sama. 

Kaesang Pangarep gabung dengan PSI

Photo :
  • Twitter PSI
Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Dalam kasus Kaesang, menurut Bambang Pacul, anak yang sudah dewasa, menikah dan pisah Kartu Keluarga (KK) dengan orang tuanya, maka dengan sendirinya mereka bukan lagi bagian dari keluarga inti.

"AD/ART persoalan internal kita kan, internal partai masing-masing toh. Nah, itu ada apa enggak (aturan keluarga inti harus satu partai)? Jangan asumsi kira-kira, jangan dong, yang namanya keluarga inti tuh kalo sudah gede ya bukan keluarga inti," ujar Bambang Pacul

"Yang namanya keluarga inti kalau kamu sudah tua itu bukan keluarga inti, keluarga inti itu suami istri dan anak, kan gitu. Tapi kan kalau sudah gede anaknya bikin Kartu Keluarga sendiri," sambungnya

Meski demikian, dia meminta agar pertanyaan terkait kebijakan politik partainya menyangkut bergabungnya Kaesang ke PSI ditanyakan kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto.

"Saya tidak mengatakan enggak masalah atau masalah (Kaesang gabung PSI), saya mengatakan kalau soal kebijakan politiknya tanyakan kepada Pak Sekjen," tegasnya

Sebelumnya, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, resmi telah menjadi kader PSI. Bahkan, Kartu Tanda Anggota atau KTA partai sudah diserahkan langsung oleh Ketua Umum PSI Giring Ganesha ke Kaesang di Solo, Jawa Tengah.

Tak hanya Giring yang datang ke Solo, ada beberapa elite petinggi PSI lainnya seperti Raja Juli Antoni hingga Grace Natalie.

"Selamat bergabung di keluarga besar PSI ya Mas @kaesangp (Kaesang Pangarep)," kata Giring, dalam unggahan di akun Instagram miliknya, dikutip VIVA, Sabtu 23 September 2023.

Penyerahan KTA untuk Kaesang dilakukan di kediaman keluarga Presiden Jokowi, di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Masuknya Kaesang sebagai kader PSI, sekaligus menjawab beberapa spekulasi sebelumnya terkait arah dukungan politik putra bungsu Presiden RI ke-7 Joko Widodo itu.

"Kita sama-sama berjuang ya Mas untuk Indonesia dan Aku akan berjuang juga melalui Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali," ujar Giring melanjutkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya