Grace Natalie Spill Kejutan Jabatan Kaesang Pangarep di PSI

Grace Natalie PSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan partainya akan menyampaikan kejutan terkait posisi atau jabatan yang akan dipegang Kaesang Pangarep usai resmi bergabung ke PSI. 

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Kejutan itu akan disampaikan dalam acara 'Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI' di The Ballroom at Djakarta Theater, Senin, 25 September 2023, malam. 

Menurut Grace, pengurus DPP PSI bersama 38 ketua DPW PSI tengah melakukan rapat untuk menyerap aspirasi dari pengurus daerah terkait posisi Kaesang di PSI.

UKT Naik Dinilai Ancam Generasi Emas Indonesia, Jokowi Diminta Turun Tangan

"Ada aspirasi seperti itu (Kaesang jadi Ketua Umum). Apakah jawabannya ketua umum atau enggak? Sabar, mohon doanya, semoga akan terjawab malam hari ini," kata Grace dalam perbincangan di tvOne, Senin.

Kaesang Pangarep gabung dengan PSI

Photo :
  • Twitter PSI
Sri Mulyani Menghadap Jokowi Bahas Kasus Viral Bea Cukai

Grace menerangkan agenda Kopi Darat Nasional malam ini -- selain membahas posisi Kaesang, juga akan mengumumkan sikap politik PSI di Pilpres 2024. 

"Agendanya malam hari ini kita dengarkan masukan dari teman-teman pengurus. Nanti ada acara deklarasi politik PSI. Acaranya apa? Sabar. Saya enggak bisa spill, nanti panitianya protes semua," tegasnya

Jabatan Strategis

Sementara itu, pengamat politik Hanta Yudha menilai bergabungnya Kaesang Pangarep dapat memberi dampak elektoral kepada PSI. Oleh sebab itu, Kaesang semestinya mendapat posisi strategis di struktur DPP PSI, seperti dewan pembina atau ketua umum.

"Kalau posisi biasa aja enggak nendang. Kalau tujuannya elektoral harus ketua umum," ujar Hanta Yudha.

Dengan demikian, lanjutnya, Kaesang dapat memberikan efek elektoral bagi PSI untuk tembus ambang batas parlemen, serta memberikan panggung politik yang lebih besar, karena figurnya semakin kuat terasosiasi dengan Presidan Jokowi

"Kaesang ini ada dua faktor. Faktor muda dan Jokowi. Kalau orang muda itu (terjun politik) saya kira banyak. Tapi faktor Jokowi, saya kira inilah yang mempertemukan mereka (PSI dan Jokowi). Melihat arah politik Jokowi juga bisa terlihat dari anak-anak mereka, seperti Kaesang,"    

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie mengatakan, sejak putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, bergabung dengan partainya, telah muncul sejumlah aspirasi di internal PSI terkait hal tersebut. 

Dia mengaku, banyak aspirasi agar Kaesang menjadi Ketua Umum DPP PSI, yang datang dari jajaran kader PSI tingkat DPW hingga DPD. 

"Setelah Mas Kaesang kemarin jadi anggota PSI, banyak aspirasi dari DPW dan DPD PSI agar Mas Kaesang jadi Ketua Umum," kata Grace kepada wartawan, Minggu, 24 September 2023. 

Dengan adanya wacana menjadikan Kaesang sebagai Ketua Umum DPP PSI, Grace pun memastikan bahwa aspirasi tersebut akan dibicarakan dalam acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) yang bakal digelar DPP PSI pada Senin, 25 September 2023 besok. 

"Usulan-usulan itu akan kita bicarakan dan diskusi secara intensif di Kopdarnas itu. Kita tunggu saja apa rekomendasi dari kawan-kawan se-Indonesia," ujarnya. 

Diketahui, Kaesang Pangarepmengumumkan bahwa dirinya resmi terjun ke dunia politik, dengan bergabung bersama PSI. Peresmian keanggotaan Kaesang dilakukan di kediaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu, 23 September 2023 kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya