Curhat Dilarang Kuliah, Megawati: Mau jadi Orang Pintar Gak Boleh karena Anaknya Bung Karno

Megawati Soekarnoputri, Penutupan Rakernas PDI-P
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menceritakan pengalamannya yang dilarang kuliah di perguruan tinggi. Megawati mengaku bingung dengan larangan tersebut yang berlaku untuk kakak hingga adiknya.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Dia menyampaikan demikian dalam pidato politiknya dalam penurupan Rakernas IV PDIP.

"Saya sendiri ini bingung saya ini kan gak boleh, bukan bodoh, tapi gak boleh kuliah. Banyak yang gak boleh kuliah, termasuk saya, kakak saya, adik saya, saya sendiri bingung," kata Megawati di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 1 Oktober 2023.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Penutupan Rakernas IV PDI-P

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut dia, dirinya ingin masuk kuliah karena ingin menjadi orang pintar. Namun, ia mengaku dilarang kuliah karena merupakan putri dari Presiden ke-1 RI Soekarno atau Bung Karno.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

"Lho alasan gak boleh kuliah kenapa? Mau jadi orang pintar gak boleh, karena apa, karena anaknya Bung Karno. Lucu ya," tutur Presiden Republik Indonesia ke-5 itu.

Pun,  Megawati mengungkapkan bahwa ayahnya Bung Karno meminta dirinya bisa belajar secara otodidak.

"Terus apa? Bapak saya hanya bilang, kamu punya ini (nunjuk otak), gunakan ini (nunjuk otak), otodidak, cari pengetahuan di mana saja," tuturnya.

Megawati Soekarnoputri, Penutupan Rakernas PDI-P

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tips Sehat

Megawati dalam kesemapatan itu juga bercerita soal tips dirinya dalam menjalan gaya hidup sehatnya. Ia mengatakan, bisa sehat karena setiap hari mengkonsumsi menu sarapan sehat.

Dia menyinggung dirinya yang sudah mencanangkan makanan 10 pendamping beras pada Maret 2020.

"Saya juga sebenarnya itu sudah hampir setiap hari, sarapan saya itu umbi-umbian, jagung, sukun, pisang dan ternyata kan dengan umur saya yang seperti ini tetap masih sehat wal afiat," kata Megawati di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 1 Oktober 2023.

Megawati lantas mengajak seluruh kader PDIP untuk melakukan gerakan konsumsi makanan yang bersumber dari dalam negeri. Ia juga menyampaikan, sumber makanan yang dihasilkan dari tanah Indonesia sudah bergizi. Oleh sebab itu, dia merasa heran bila ada anak stunting.

"Jadi, nanti juga bisa ditanyakan kepada ahli gizi, ibu-ibu itu mbok berpikiran yang cepat, supaya begitu, langsung abis ini catet-catet cari ahli gizi lalu bagaimana si makanan sehat itu apa aja si, yang enak itu apa aja si, kan begitu," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya