Rakernas IV PDIP Amanatkan Megawati Umumkan Cawapres Ganjar Pranowo

Presiden Jokowi dan Ketum PDIP di Rakernas PDI-P
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP telah selesai dan menghasilkan sejumlah rekomendasi. Salah satunya memberikan amanat kepada Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri untuk mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

"Rakernas IV partai menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDI Perjuangan terhadap pengumuman calon wakil presiden yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo pada momentum yang tepat. Dengan mempertimbangkan dinamika politik, pergerakan 3 pilar partai di akar rumput, kesiapan badan pemenangan pemilu legislatif dan konsolidasi tim pemenangan presiden," kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 1 Oktober 2023.

Selain itu, Rakernas IV PDIP juga merekomenasikan agar seluruh kader menggunakan strategi pemenangan pemilu dengan cara gotong royong yang terpimpin. 

Maju Wali Kota Solo, Politisi Muda PDIP Terinspirasi Gibran Rakabuming Raka

"Berkaitan dengan hal tersebut, setiap anggota, kader dan simpatisan partai wajib turun dan memperkuat akar rumput, berkomunikasi secara langsung dengan rakyat dan dibantu oleh teknologi informasi dan komunikasi," ujarnya.

Rakernas ke-IV PDIP di Jiexpo, Kemayoran Jakarta.

Photo :
  • YouTube PDIP
Khofifah Sudah Jalin Komunikasi, PDIP Akan Ikut Mendukungnya di Pilgub Jatim?

Rakernas IV PDIP juga menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan negara berdasarkan UUD 1945. Selain itu, PDIP juga menempatkan Pemilu 2024 sebagai momentum transisi kekuatan secara konstitusional dan demokrasi.

"PDIP Perjuangan bertekad untuk melaksanakan pemilu sebagai wahana pemersatu bangsa, melalui kampanye yang mencerdaskan kehidupan bangsa dengan narasi kemajuan, melanjutkan dan mempercepat keberhasilan pemerintahan Presiden Jokowi," katanya.

Berikut rekomendasi pemenangan pemilu hasil Rakernas IV PDIP:

1. Merekomendasikan strategi pemenangan pemilu dengan cara gotong royong berbasiskan TPS dan dilakukan oleh seluruh elemen partai yang menyatukan pemenangan pemilu legislatif dan pemilu presiden sebagai satu kesatuan pemenangan, berkaitan dengan hal tersebut setiap kader partai anggota dan simpatisan wajib turun ke akar rumput berkomunikasi secara langsung dengan rakyat didukung oleh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. 

2. Partai menyerahkan sepenuhnya kepada ketua umum PDIP Perjuangan, terhadap pengumuman calon wakil presiden yang akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo, pada momentum yang tepat dengan pertimbangkan dinamika politik pergerakan tiga pilar partai di akar rumput kesiapan badan pemenang legislatif dan konsolidasi tim pemenangan presiden. 

3. Menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan negara berdasarkan undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang menempatkan pemilu 2004 sebagai momentum transisi kekuatan secara konstitusional dan demokratis, PDI Perjuangan bertekad melaksanakan Pemilu sebagai wahana pemersatu bangsa melalui kampanye yang mencerdaskan kehidupan bangsa dengan narasi kemajuan melanjutkan dan mempercepat keberhasilan pemerintahan Presiden Jokowi. 

4. Bertekad untuk melaksanakan keputusan kepala PDI Perjuangan pada tanggal 21 April 2023 yang menetapkan kadar PDI Perjuangan bapak Ganjar pranowo sebagai calon presiden dan menginstruksikan kepada seluruh simpatisan anggota dan kader partai, di setiap tingkatan untuk bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat partai politik pengusung dan relawan guna memenangkan pemilu presiden tahun 2024.

5. Rakernas IV partai mendukung dan memfasilitasi pengembangan benih, teknologi dan inovasi yang dilakukan petani dan melindungi petani dari upaya kriminalisasi melalui reformasi peraturan perundangan.

6. Mendukung seluruh penyelenggaraan Pemilu untuk mengelola data partai politik anggota partai politik dan calon anggota legislatif di seluruh tingkatan dan DPD RI, dengan mengedepankan kerahasiaan data pribadi sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 27 tahun 2022 tentang perlindungan atau pribadi. 

7. Merekomendasikan kepada pemerintah untuk secepatnya menyelesaikan persoalan status kepegawaian dan kesejahteraan tenaga honorer seperti guru dosen bidan perawat pendamping Desa pendamping PKH penyuluh pertanian dan perikanan dan lain-lain termasuk tenaga honorer pada instansi penyelenggaraan pemilu. 

8. Mengapresiasi kinerja aparat penegak hukum KPK,  Kejaksaan dan Polri dalam mencegah dan memberantas korupsi serta merekomendasikan pentingnya sosialisasi guna meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat untuk mencegah korupsi dan praktik politik uang dalam pemilu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya